Biaya Naik Haji Reguler, Plus, dan Furoda

biaya naik haji

Untuk Anda yang berniat untuk menunaikan ibadah haji sebaiknya mulai dari sekarang segera mencari informasi biaya naik haji. Dengan begitu Anda akan lebih mudah membuat perencanaan keuangan, termasuk menyisihkan penghasilan untuk tabungan haji.

Untuk program haji di Indonesia sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu haji reguler, haji plus, dan haji Furoda. Untuk haji reguler penyelenggaranya adalah pemerintah atau Kementerian Agama, sementara haji plus dan Furoda diselenggarakan oleh perusahaan Tour and Travel swasta.

Meski tidak ditangani langsung oleh pemerintah, keberangkatan ke tanah suci melalui program haji plus maupun Furoda tetap legal. Pasalnya hanya perusahaan yang mengantongi izin sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PKIH).

Berikut kisaran ongkos naik haji untuk ketiga kategori tersebut.

Biaya Menunaikan Ibadah Haji Reguler, Plus, dan Furoda serta Fasilitasnya

biaya naik haji

Kisaran tarif haji reguler sampai biaya naik haji VIP ini bisa jadi gambaran dalam memilih program haji yang sesuai budget Anda.

  1. Haji Reguler

Haji reguler adalah yang paling banyak jadi pilihan masyarakat Indonesia karena tarifnya yang paling murah. Namun sayangnya daftar tunggu untuk dapat menunaikan ibadah haji yang diselenggarakan oleh pemerintah ini cukup panjang. Beberapa provinsi bahkan mencapai hingga tiga puluh tahun.

Untuk biaya naik haji satu orang adalah antara Rp 34 juta sampai Rp 40 juta. Jadi untuk harga naik haji dua orang Anda harus merogoh kocek antara Rp 68 juta sampai Rp 80 juta.

Dengan tarif tersebut jamaah haji akan mendapat fasilitas akomodasi hotel yang jauh dari Masjidil Haram. Selain itu alas tenda untuk berkemah di Arafah dan Mina juga karpet biasa. Untuk haji reguler jangka waktunya juga lebih lama, yaitu mencapai 40 hari.

  1. Haji Plus

Walaupun ditangani oleh pihak swasta, namun program haji khusus ini tetap berada dalam pengawasan Kementerian Agama RI. Kelebihannya dari haji reguler adalah Anda mendapat percepatan waktu keberangkatan antara 1, 5, sampai 9 tahun saja.

Sementara untuk biaya naik haji plus mencapai Rp 150 juta sampai Rp 160 juta, atau empat kali lipat lebih mahal daripada haji reguler. Tentu saja fasilitas yang akan Anda dapatkan juga lebih bagus. Ini antara lain jarak akomodasi hotel yang lebih dekat dengan Masjidil Haram.

Alas tenda di Mina dan Arafah juga berupa kasur yang nyaman plus ada pendingin ruangan di dalam tenda. Untuk jangka waktu ibadah haji juga lebih pendek, yaitu paling lama 26 hari. Sangat cocok untuk Anda yang mempunyai kesibukan menggunung di Tanah Air.

  1. Haji Furoda

Jika anggaran Anda tak terbatas, program haji Furoda adalah pilihan terbaik untuk naik haji. Pasalnya Anda harus merogoh kocek hingga dua kali lipat ongkos naik haji plus, yaitu Rp 300 sampai Rp 320 juta.

Jadi biaya naik haji VIP ini kalau untuk pasangan suami istri bisa mencapai kisaran angka Rp 600 juta. Tentu saja nilai tersebut akan sebanding dengan fasilitas yang Anda dapatkan.

Ini termasuk akomodasi hotel berbintang yang eksklusif, tenda khusus ber-AC dengan alas super nyaman, jarak yang dekat ke tempat lontar jumrah, dan banyak lagi. Selanjutnya jangka waktu haji untuk program Furoda juga lebih pendek, yaitu 16 hari.

Memilih Perusahaan Tour and Travel Haji Terpercaya

biaya naik haji

Jika pilihan Anda jatuh kepada program haji plus atau Furoda, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih Travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang legal dan profesional. Begini ciri-cirinya.

  • Mengantongi Legalitas Resmi. Pastikan travel incaran Anda mempunyai perizinan resmi dari kementerian agama RI. Anda dapat mengeceknya melalui website resmi Kemenag.
  • Mempunyai Reputasi Terpercaya. Cara paling mudah untuk menyelidikinya bisa dengan melihat ulasan mantan pelanggan yang pernah menggunakan jasa travel tersebut. Selain itu Anda juga bisa meminta rekomendasi kerabat, teman, maupun tetangga yang pernah menunaikan ibadah haji maupun umrah bersama perusahaan tertentu.
  • Mempunyai Jadwal yang Jelas. Ciri-ciri ketiga perusahaan jasa travel yang terpercaya adalah sanggup memberikan kejelasan jadwal keberangkatan haji.
  • Harganya Masuk Akal. Jangan dulu tergiur jika ada travel yang menawarkan harga terlalu murah, bahkan di bawah harga pasaran. Bisa jadi fasilitas yang Anda dapatkan di lokasi ternyata mengecewakan, atau lebih buruk lagi, menjadi korban penipuan oknum tak bertanggung jawab.

Nah, dengan informasi biaya naik haji tersebut tentunya bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih program haji. Agar perjalanan ibadah Anda berjalan lancar, kami Granada Tour siap menjadi mitra terbaik. Silakan hubungi CS kami di sini untuk mendapatkan informasi paket haji secara detail.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya