Cara Mudah Cek Porsi Haji secara Online!

Cek porsi haji

Melaksanakan ibadah haji sebagaimana yang tercantum dalam rukun Islam dan surah Al-Quran, merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Cek porsi haji kini terasa lebih mudah dengan fasilitas yang diberikan pemerintah. 

Banyak umat muslim Indonesia yang berbondong-bondong mencukupkan diri dari segi finansial. Contohnya dengan mendaftarkan nama mereka untuk berangkat ibadah haji dan mulai menabung biayanya secara pribadi. 

Pendaftaran ini biasanya ke lembaga terpercaya atau bank. Hal ini tersedia agar dengan mudah mereka dapat mempersiapkan ibadah haji. Terutama saat nama sudah terdaftar. Jika sudah terdaftar, secara otomatis Anda dapat mengecek nama Anda di porsi haji yang akan datang. 

Untuk tahun 2023, seperti kami kutip dari website resmi, Kementerian Agama RI dan Arab Saudi sepakat membuka kuota haji sebanyak 221.000 jemaah. Kuota ini terdiri dari 203.320 untuk jemaah haji reguler, 17.680 kuota jemaah khusus dan 4.200 untuk petugas yang akan berangkat nantinya. 

Kabar baiknya, tidak ada batasan usia untuk keberangkatan tahun ini. Sehingga, semua jemaah yang sudah terdaftar untuk berangkat, tidak ada masalah untuk tetap beribadah ke tanah suci. 

Berbeda dengan tahun lalu yang mensyaratkan bahwa batas usia untuk keberangkatan jemaah haji asal Indonesia yaitu di bawah 65 tahun. Sehingga, para lansia atau orang tua yang sudah niat untuk berangkat ibadah ke tanah suci, kini dapat bernafas lega. 

Mengingat mereka memiliki kesempatan untuk beribadah di tanah suci dalam rangka melaksanakan kewajiban rukun Islam yang terakhir. 

Cara Cek Porsi Haji 

Di zaman digital saat ini, melakukan cek porsi haji reguler atau khusus dapat calon jemaah lakukan dengan mudah. Cek porsi haji Indonesia kini dapat Anda lakukan secara daring atau online yaitu dengan cek porsi haji melalui website resmi Kemenag RI. 

Nomor porsi haji dapat terlihat setelah jemaah mendaftarkan diri. Jemaah bisa langsung menuju website https://haji.kemenag.go.id/v4/. Setelah membuka website resmi dari Kemenag tersebut, jemaah bisa langsung memasukan nomor porsi haji yang sudah jemaah dapat saat pertama kali mendaftar untuk ibadah haji. 

Gulirkan layar sedikit ke bawah, nanti akan terlihat tempat untuk memasukan nomor porsi Anda. Ketuk tombol cari, maka status keberangkatan haji Anda dapat terlihat di layar. Pihak Kemenag juga menginfokan bahwa prioritas jemaah yang akan berangkat tahun ini merupakan jemaah lansia di atas 65 tahun.

Jadi, Anda juga bisa membantu mengecek porsi haji untuk para orang tua. Hal ini memiliki alasan untuk melihat kepastian keberangkatan ibadah haji bagi para lansia yang sudah menunggu cukup lama. Terlebih beberapa tahun terakhir terkendala dengan pandemi. 

Dengan adanya kemudahan fasilitas secara online yang pemerintah Indonesia berikan, harapan Kemenag RI pun meningkat. Harapan tersebut adalah para calon jemaah haji yang mendaftar dapat mengecek semua kebutuhan haji dan umrah dalam satu platform. 

Hal ini untuk mengurangi ketidakefisienan yang terjadi jika jemaah harus bolak-balik hanya untuk memastikan jadwal keberangkatan mereka. Mengingat banyaknya kegiatan seperti bekerja dan lain sebagainya yang harus umat muslim lakukan setiap harinya. 

Selain itu, Kemenag juga menyediakan berbagai aplikasi mengenai haji yang dapat Anda unduh untuk menambah info seputar haji. 

Cek Porsi Haji melalui Biro Haji

Namun, di balik kemudahan yang pemerintah tawarkan, banyak masyarakat yang tetap memilih mengurus keberangkatan ibadah haji melalui biro haji terpercaya. Hal ini terjadi karena calon jemaah tidak perlu repot cek sendiri. Mengingat kesibukan yang padat atau mereka memilih untuk ibadah haji khusus. 

Tidak ada yang salah dengan mempercayakan keberangkatan ibadah haji melalui biro perjalanan haji. Alasannya yaitu karena selain lebih mudah, ringkas, dan nyaman, layanan yang profesional dan aman juga akan didapatkan. 

Jika Anda salah satu yang mendambakan keberangkatan ibadah haji tanpa hambatan, Anda tak perlu ragu. Pelayanan secara profesional, nyaman, aman dan juga sesuai syariat Islam, akan Anda dapatkan di perusahaan kami. 

Cek porsi haji pun kini sudah mudah dilakukan individu atau melalui biro. Semua layanan yang kami berikan dapat dikonsultasikan dahulu untuk kenyamanan dan kepuasan semua calon jemaah yang ingin beribadah ke tanah suci.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya