Kumpulan Dalil Haji Lengkap dari Al-Qur’an dan Hadits

Dalil Haji

Dalil haji bisa dengan mudah Anda temui pada Al-Qur’an dan hadis. Adapun ibadah haji sendiri adalah salah satu dari lima rukun islam atau dasar agama Islam. 

Dalam pelaksanaanya ibadah ini memiliki landasan yang kuat karena penjelasan atau dalilnya juga sudah tertulis nyata dalam Al-Qur’an maupun hadis. Lalu apa saja dalil yang menjadi penguat perintah ibadah ini? Berikut rangkuman lengkapnya!

Kumpulan Dalil Haji dari Al-Qur’an

Dalil Haji

Dalil tentang ibadah haji yang pertama bisa Anda temukan pada Al-Qur’an. Adapun Al-Qur’an sendiri adalah kitab suci dari Agama Islam yang mana isinya adalah berbagai wahyu dari Allah SWT dan penurunannya pada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Oleh karena itu isi dalam Al-Qur’an tak perlu Anda ragukan lagi karena semuanya berasal dari Allah termasuk mengenai perintah melaksanakan haji. Dalam Al-Qur’an sendiri dalil mengenai haji ada beberapa seperti berikut:

  1. Al Baqarah Ayat 196

Dalil mengenai ibadah haji bisa Anda temukan pada surah Al Baqarah ayat 196. Bunyi ayat inipun adalah sebagai berikut:

Wa atimmul-hajja wal-‘umrata lillah(i), wa la tahliqu ruusakum hatta yablugal-hadyun mahillah(u), faman kana minkum mandan au bihi azam mir ra’sihi fafidyatum min siyamin au sadaqatin au nusuk(in) fa iza aminum. 

faman tamatta’a au nusuk(in), fa’iza amintum, faman tamatta’a bil-‘umrati ilal-hajji famastaisara minal-hady(i), famal lam yajid fas iyamu salasati ayyamin fil-hajji wa sab’atin iza raja’tum, tilka’ asyaratum Kamilah(tun), zalika limal lam yakun alhulu hadiril-masjidil-haram(i),wattaqullaha wa’lamu annalla ha syadidul-iqab(i).

  1. Al Hajj Ayat 27

Dalil mengenai ibadah haji juga bisa Anda temukan ada surah Al-Hajj. Pada surat ini Anda bisa mendapatkannya pada ayat ke 27. 

Dalam Surah ini Allah memberi perintahnya pada Nabi Ibrahim supaya menyeru umatnya agar menunaikan ibadah haji. Firman Allah tersebut bunyinya adalah sebagai berikut:

Wa azzin fin-nasi bil-hajji ya tuka rijalaw wa;ala kulli da miriy ya’tina min kulli fajjin amiq(in).

  1. Surah Ali Imran Ayat 97

Dalam surah Ali Imrah Allah SWT dengan tegas sudah memberi perintah untuk melaksanakan ibadah haji. Bunyi dari surah ini sendiri adalah sebagai berikut:

Fihi ayatum bayyinatum maqamu Ibrahim(a) wa man dakhalahu kana amina(n), wa lillahi “alan-nasi hijjul-baiti manistata’a ilaihi sabila(n) wa man kafara fa innallaha gayiyyun’ anil-alamin(a)

Adapun semua dalil ibadah haji yang ada dalam Al-Qur’an sangatlah jelas. Namun jika Anda belum yakin bisa juga melihat dalil lain yang ada dalam hadis. 

Dalil Haji Dalam Hadits

Dalil Haji

Tak hanya dalam Al-Qur’an saja namun Anda juga bisa menemukan dalil pelaksanaan ibadah haji dalam hadits. Salah satunya adalah hadits dari Ibnu Umar menjelaskan bila haji adalah bagian dari rukun Islam yang mana hal itu menjadi petunjuk mengenai wajibnya haji. 

Tak hanya itu saja nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda yang artinya adalah sebagai berikut:

Islam dibangung diatas lima perkara: bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan mengaku Muhammad adalah utusan-nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berhaji dan berpuasa pada bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari no 8 dan Muslim no. 16)

Disamping itu ada juga sebuah hadits yang mencapai derajat mutawir karena mempunyai jalur periwayatan yang sangat banyak menjelaskan bila Nabi Muhammad SAW menyatakan haji adalah sebuah ibadah wajib tapi untuk pelaksanaannya tidak rutin setiap tahun. Berikut adalah arti dari kata Abu Hurairah:

Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam pernah berkhutbah di tengah-tengah kami. Beliau bersabda, “Wahai sekalian manusia, Allah telah mewajibkan haji bagi kalian, maka berhajilah.’Lalu ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah apakah setiap tahun (kami mesti berhaji)?’ 

Beliau lantas diam, sampai orang tadi bertanya sampai tiga kali. Rasulullah Shallallahu’ alaihi wa sallam lalu bersabda,’seandainya aku mengatakan ‘iya’, maka tentu haji akan diwajibkan bagi kalian setiap tahun, dan belum tentu kalian sanggup.” (HR.Muslim no 1337).

Dalil haji yang disampaikan baik melalui Al-Qur’an maupun Hadist tentunya cukup jelas untuk Anda pahami. Adapun dalam pelaksanaanya pastikan menggunakan jasa yang terpercaya seperti Granada Tour. Info lebih lengkap langsung saja hubungi di Whatsapp kami

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya