Doa Haji yang Harus di Hafal Demi Kesempurnaan Ibadah

Doa Haji

Melaksanakan haji adalah keinginan semua umat Islam dan menjadi haji mabrur adalah impian seluruh Muslim. Oleh karena itu untuk mencapainya Anda harus mengikuti tata cara  yang ada. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mempersiapkan diri agar bisa fokus ibadah, salah satunya adalah dengan menghafal doa haji. 

Pastikan Anda mengetahui dan menghafalkan doa ibadah haji supaya ibadah bisa khusyuk dan sempurna.  Adapun untuk doanya sendiri juga bisa Anda simak pada pembahasan berikut!

Daftar Doa Haji

Doa Haji

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh umat Muslim untuk yang sudah mampu melaksanakannya. Dalam pelaksanaan ibadah ini penting sekali untuk mempersiapkan diri. Mulai dari persiapan fisik, kesiapan teknis seperti dokumen keberangkatan, urutan dan doa yang akan dilantunkan nantinya. 

Adapun untuk kesiapan teknis Anda bisa memanfaatkan jasa biro haji dan umrah Granada Tour dengan menghubungi no Whatsappnya. Khusus untuk doa haji yang akan dipanjat Anda bisa menyimak daftar atau kumpulan lengkapnya berikut ini:

  1. Doa Niat Haji

Doa niat haji ini biasanya dilantunkan setelah ihram. Niat dalam ibadah haji adalah sesuatu hal yang sangat penting karena berhubungan dengan sah atau tidaknya ibadah itu sendiri.

Niat sendiri adalah sebuah ketulusan dalam hati untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu sebaiknya Anda melantunkan doa niat ibadah haji berikut ini:

“Nawaitul hajja waahramtu bihillahi ta’ala Labbaika. Allahumma Hajjan

Artinya sendiri adalah: “Aku berniat melaksanakan ibadah haji dan ihram karena Allah. Aku menyambut panggilan-mu untuk pergi haji

  1. Doa Talbiyah

Talbiyah adalah salah satu doa untuk haji yang seringkali dipanjatkan oleh para jemaah. Anda bisa memanjatkan doa ini sejak ihram hingga masuk ke Masjidil Haram. Doa ini sendiri sifatnya sunnah. Untuk bacaanya sendiri adalah sebagai berikut:

Labbaikalla humma Labbaikh. Labbaika Laa Syariika Laka Labbaik. Innal Hamda Wa Ni’mata Lakawal Mulk Laa Syariikalakaa.” 

Arti dari doa ini adalah: “Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku datang. Aku penuhi panggilan-Mu Ya Allah, tiada sekutu bagi-MU, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, semua nikmat dan kerajaan hanya milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu Ya Allah.”

Jika sudah membaca doa talbiyah umumnya para jemaah akan melantunkan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

“Allahumma Shalli Wa Sallim’Ala Sayyidina Muhammad”

Artinya adalah: “Ya Allah berikanlah kesejahteraan dan keselamatan pada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya”

Doa talbiyah ini sunnah untuk Anda baca saat ritual ibadah haji sebanyak tiga kali atau lebih dalam satu bacaanya. 

  1. Doa Memasuki Mekah

Saat akan memasuki Mekah ada baiknya Anda membaca doa berikut:

Allahuma haadza haramuka wa amnuka faharrimlahmi wadamii wabasyarii ‘alannar, wa aminnii min‘adzabika yauma tab’atsu‘ibaadaka waj’alni min auliyaa ika wa ahli thoo’atik

Artinya sendiri adalah : “ Ya Allah kota ini adalah tanah haram mu dan tempat yang aman, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu dan kulitku dari neraka. Ampunkanlah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan aku ke dalam golongan aulia-Mi dan ahli ta’at pada-Mu.”

  1. Doa Sa’i

Doa dalam ibadah haji selanjutnya adalah Sa’i. Selama melaksanakan Sa’i  Anda bisa membaca doa berikut:

“Abda Ubimaa Ba;da Allahu Bihi Warasuulluh. Innasshafa Wa Marwata Min Sya’Aarillaah Faman hajjal Baita Awi’tamara fallaa junaaha’ alaihi Ansyathawwa Fabi himaa Wamantathawwa’ Akhairan Fa Innallaha Syakirun ‘Aliim.”

Untuk artinya sendiri adalah: “aku memulai apa yang sudah dimulai oleh Allah dan Rasul. Sesungguhnya bukit Shafa dan bukit Marwah Sebagian dari tanda kebesaran Allah. Barang siapa yang pergi haji ke rumah Allah atau umrah maka tidak ada dosa baginya yang mengerjakan sa’I diantara keduanya.”

  1. Doa Tawaf

Tawaf adalah salah satu dari rukun haji yang sifatnya wajib. Untuk niat atau doa tawaf sendiri adalah sebagai berikut:

Allahuma Inni Nawaitu Thawaafa Baitikal Mu’azhzhami Sab’ata Asyawaathin Fassiru Lii Wa Taqabbalhu Minnii Bismillaahi Allahu Akbar Allahu Akbaru Wa Lillaahil Hamdu”. 

Arti dari doa Tawaf adalah: Ya Allah sesungguhnya aku berniat tawaf di rumah-Mu yang agung ini sebanyak 7 kali. Mudahkanlah untukku dan terimalah tawafku dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji bagi Allah.”

Itulah daftar doa haji yang bisa Anda amalkan. Selain doa yang ada sebenarnya masih ada banyak lainnya yang bisa Anda amalkan dan bisa pelajari. Kendati demikian sebagai awal Anda bisa mencoba menghafalkan berbagai doa diatas. Adapun jika sudah baru mencoba doa yang lainnya. 

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya