Ibadah Haji Berapa Hari Pun Tetap Nyaman

Haji Berapa Hari

Menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam kelima, sifatnya wajib bagi umat yang mampu. Jika ada rezeki memang sebaiknya ibadah tidak ditunda-tunda. Namun untuk ibadah haji pastinya butuh perencanaan matang. Berlangsungnya ibadah haji berapa hari lamanya masih dengan masa penantian giliran keberangkatan. 

Ibadah haji membutuhkan perencanaan agar bisa menunaikan ibadah dengan tenang tanpa gangguan. Pertama tentunya harus tahu berapa lama ibadah haji berlangsung. Berapa lama jamaah harus meninggalkan rumah dan rutinitas sehari-hari untuk fokus pada ibadah? 

Rangkaian ibadah haji memang membutuhkan waktu. Ibadah haji meliputi tawaf, sa’i, dan wukuf dengan lokasi yang berpindah-pindah pasti tidaklah singkat. 

Selain dari waktu menunaikan ibadah haji di Mekah, perlu juga untuk menyiapkan waktu untuk persiapan di asrama haji. Pastinya pemerintah tidak akan langsung mengirimkan jamaah haji ke Mekah tanpa adanya persiapan sebelumnya. 

Jika menghitung seluruh persiapan dan prosesnya, berapa lama sebenarnya ibadah haji berlangsung? 

Rangkaian Ibadah Haji 

Haji Berapa Hari

Umumnya ibadah haji bagi jamaah Indonesia berlangsung selama 40 hari dan waktu pelaksanaan haji pada bulan Dzulqa’dah hingga Dzulhijjah. Ini adalah total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rangkaian ibadah, juga perjalanan antar lokasi ibadah. Ada pula faktor biaya yang memengaruhi lama berlangsungnya ibadah haji. 

Urutan dari ibadah haji Indonesia umumnya sebagai berikut: 

  1. Berawal dari calon jamaah haji masuk ke asrama haji. 
  2. Calon jamaah berangkat ke Tanah Suci dan mulai berihram. Miqat jamaah berawal dari lokasi yang berbeda untuk tiap kloternya.  
  3. Pelaksanaan wukuf di Padang Arafah. Berbeda dari umrah yang tidak melakukan wukuf, ibadah haji pasti memberi kesempatan untuk berwukuf. Lokasinya bebas di mana saja asalkan masih di tanah Arafah. Sembari menunggu giliran, jamaah disarankan untuk berdzikir
  4. Selepas berwukuf jamaah akan lanjut melakukan thawaf ifadhah. Berawal dari Hajar Aswad, jamaah akan mengelilingi Ka’bah sambil melantunkan talbiyah. Thawaf ifadah berakhir di titik yang sama dengan titik awal. 
  5. Ibadah akan berlanjut untuk sa’i. Jamaah akan berjalan bolak-balik sebanyak tujuh kali dari Bukit Shafa menuju Bukit Marwah. 
  6. Mabit semalam di Muzdalifah. Selesai dari Padang Arafah, jamaah akan melewatkan semalam untuk mabit atau beristirahat di Muzdalifah. Waktu ini juga memberi kesempatan jamaah untuk mengambil 49 atau 70 butir kerikil untuk lempar jumrah
  7. Sesudah shalat subuh keesokan harinya, jamaah akan menuju ke Mina untuk melempar jumrah
  8. Mabit di Mina untuk memulihkan tenaga. 
  9. Pelaksanaan thawaf wada sebagai perpisahan karena sudah akan menyelesaikan rangkaian ibadah haji. 
  10. Mengakhiri ibadah haji dengan tahallul, yaitu mencukur gundul rambut bagi jamaah laki-laki.   

Perbedaan dengan Paket Haji ONH Plus dan Furoda 

Haji Berapa Hari

Jika menggunakan paket haji ONH Plus, waktu yang dibutuhkan untuk menunaikan haji akan lebih singkat. Ini karena untuk paket haji biasa pemerintah memilih waktu sebelum peak season untuk menghemat biaya. Akibatnya banyak waktu kosong antar ibadah yang memperlama waktu ibadah haji. 

Hal berbeda pada paket haji ONH Plus dan Furoda/mujamalah. Karena keberangkatan jamaah tidak mengikuti jadwal pemerintah, jamaah menghabiskan waktu lebih singkat di tanah suci. Umumnya untuk ONH Plus hanya menghabiskan waktu 25 hari saja.  

Untuk haji Furoda berapa hari di tanah suci, pastinya lebih singkat. Dari pihak agen perjalanan memperkirakan sekitar 16 hari. Namun, biaya yang dikeluarkan pun berkali lipat dari paket haji biasa. 

Waktu Tunggu Keberangkatan Haji 

Jamaah haji Indonesia selalu mendapat jatah kuota haji terbesar sedunia. Namun tetap saja jumlahnya belum bisa menampung seluruh peminat ibadah haji. Berapa lama menunggu haji pun serba tak pasti. Terlebih lagi ibadah haji sempat terhenti akibat pandemi.  

Untuk haji Furoda/muhamalah tidak ada waktu tunggu yang berlaku. Kapanpun jamaah siap berangkat bisa langsung menuju tanah suci. Sementara untuk haji dengan ONH Plus kabarnya waktu tunggu antara 5-9 tahun. Sedangkan paket haji reguler waktu tunggunya bervariasi mulai dari 10 tahun. 

Rencanakan haji dan umrah bersama Granada Tour. Layanan profesional dengan dukungan tim berpengalaman menjamin kenyamanan ibadah haji dan umrah. Melalui nomor ini Anda bisa segera merencanakan ibadah haji. Tak perlu khawatir ibadah haji berapa hari karena layanan profesional menjamin kenyamanan. 

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya