Haji Plus Adalah Solusi Antrian Panjang Ibadah Haji

Haji Plus Adalah

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia, tidak heran antrian untuk menunaikan ibadah haji cukup panjang. Beberapa daerah bahkan waiting list-nya mencapai puluhan tahun. Tapi tenang haji plus adalah solusi untuk permasalahan tersebut.

Mengenal Program Haji di Indonesia

Haji Plus Adalah

Untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci, Indonesia mempunyai tiga sistem haji legal, yaitu haji reguler, haji plus atau ONH plus, dan haji Furoda atau Mujamalah. Simak penjelasannya.

  1. Haji Reguler

Haji reguler penyelenggaranya adalah pemerintah atau Kementrian Agama melalui Dirjen PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah). Pemberangkatan calon jamaah haji program reguler adalah berdasarkan kuota sesuai ketentuan pemerintah.

Karena tingginya minat masyarakat untuk menjalankan rukun Islam kelima ini antrian haji biasanya sangat panjang sesuai provinsinya. Namun waktunya bisa mencapai hingga tiga dekade.

  1. Haji Khusus (ONH Plus)

Yang kedua ada program ONH Plus atau haji khusus yang kuotanya juga ditentukan oleh pemerintah. Meski demikian masa tunggu haji plus lebih pendek, yaitu antara lima sampai sembilan tahun saja.

Penyelenggara haji khusus ini bukanlah pemerintah melainkan perusahaan tour and travel yang tercatat sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

  1. Haji Furoda/Mujamalah

Selanjutnya ada haji Furoda atau Mujamalah dimana calon jamaah haji tidak perlu mengantri, alias bisa langsung berangkat ke tanah suci. Program ini mendapatkan kuota khusus dan visa resmi dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Sama seperti haji khusus, penyelenggara haji Furoda juga perusahaan tour yang legal dan terpercaya.

Perbedaan Haji Plus dan Reguler

Untuk yang mempunyai budget berlebih sistem haji plus adalah solusi yang bisa Anda pertimbangkan untuk memotong antrian. Simak detail perbedaan sistemnya dengan haji reguler berikut ini.

  • Waktu Tunggu dan Perizinan

Seperti yang sudah disinggung, waktu tunggu untuk haji reguler kebanyakan mencapai belasan sampai puluhan tahun. Coba bandingkan dengan sistem haji plus yang waktu tunggunya hanya berkisar antara lima hingga sembilan tahun.

Untuk calon jamaah haji khusus ini, pastikan travel haji plus pilihan Anda benar-benar terpercaya dan mempunyai legalitas serta perizinan pemerintah.

  • Biaya 

Untuk haji reguler biayanya adalah berkisar antara Rp 40 juta, sementara biaya haji plus mencapai empat kali lipatnya, yaitu antara Rp 150 juta sampai Rp 160 juta sesuai kurs yang berlaku pada saat itu.

Jika ingin pergi bersama pasangan, biaya haji plus untuk dua orang yang harus Anda keluarkan adalah mencapai Rp 300 juta hingga Rp 320 juta.

  • Fasilitas

Selain waktu tunggunya yang lebih cepat, program haji khusus juga mempunyai fasilitas yang lebih lengkap. Dengan begitu jamaah dapat melaksanakan ibadah haji secara lebih nyaman.

Fasilitas haji plus antara lain lokasi hotel yang lebih strategis, dekat dengan Masjidil Haram sehingga memudahkan untuk beribadah setiap hari. Selanjutnya travel akan menangani seluruh kebutuhan jamaah terkait akomodasi dan konsumsi. Dengan begitu Anda dapat lebih fokus beribadah.

Fasilitas lain yang juga bisa calon jamaah haji peroleh sebelum jadwal keberangkatan adalah ketersediaan bimbingan haji secara intensif oleh tenaga yang kompeten.

Syarat Pendaftaran Haji Plus

Haji Plus Adalah

Untuk mendaftar program haji reguler adalah melalui Kementerian Agama. Sementara untuk menjadi peserta haji plus Anda bisa langsung menghubungi perusahaan Tour and Travel PIHK. Begini syarat-syaratnya.

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Melampirkan paspor asli dengan masa berlaku paling sedikit 7 bulan
  • Melampirkan fotokopi KTP, akta kelahiran, Kartu Keluarga, dan surat nikah
  • Menyerahkan pas foto 3X4 30 lembar dan 4X6 15 lembar (background putih)
  • Membuat surat kuasa waiting list dan pemilihan perusahaan jasa travel PIHK
  • Membayar uang muka sebesar sekitar $4.500

Demi kelancaran proses ibadah pastikan hanya memilih jasa tour and travel profesional dan terpercaya. Ini artinya perusahaan terkait telah mengantongi legalitas pemerintah sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus, seperti Granada Tour.

Perusahaan kami menjalankan bisnis secara sah dengan legalitas penuh dari pemerintah. Lagi pula kami telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam memenuhi kebutuhan perjalanan ibadah haji dan umroh.

Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan di sini untuk mendapatkan informasi detailnya. Nah, tidak ragu lagi bukan, jika haji plus adalah jawaban untuk menghindari terlalu lama menunggu antrian haji.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya