Inilah 5 Hikmah Haji yang Wajib Anda Ketahui!

Hikmah Haji

Hikmah haji adalah sebuah pengaruh atau akibat yang bisa Anda peroleh dalam pelaksanaan ibadah haji. Adapun hikmat ini sendiri bisa berarti manfaat. Allah sendiri juga telah menjanjikan bila orang yang mengerjakan haji akan mendapat banyak hikmah dan manfaat. 

Untuk itulah ibadah ini termasuk kewajiban untuk umat muslim. Apalagi ibadah ini adalah salah satu dari kelima rukun dalam Islam yang sebelumnya juga dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW. Lantas apa saja hikmah yang bisa didapat dari ibadah haji? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Hikmah Haji untuk Umat Muslim

Hikmah Haji

Menurut berbagai sumber yang dirangkum jadi satu mulai dari Doa Zikir & Umrah oleh Ahmad Zayyidin Ansori dan Indriya R Dani serta berbagai sumber lainnya, berikut adalah hikmah ibadah haji yang bisa Anda peroleh:

  1. Menyempurnakan Ibadah

Hikmah pertama yang bisa Anda dapatkan adalah untuk penyempurnaan ibadah. Sebagai salah satu bagian dari rukun Islam haji merupakan salah satu yang menyempurnakan kelima ibadah yang ada di dalamnya. 

Adapun untuk Anda yang ingin menjalankan haji tentu harus melaksanakan empat lainnya seperti syahadat, shalat, zakat dan puasa. Haji untuk penyempurna inipun juga mempunyai arti kepatuhan seorang hamba pada Allah STW dan Rasulullah.

  1. Bentuk Pendekatan Diri Pada Allah

Hikmah dari haji lainnya yang tak kalah penting adalah sebagai sebuah sarana untuk mendekatkan diri pada Allah. Saat Anda menjalankan ibadah ini artinya mendekatkan diri pada Allah. 

Tak hanya itu saja, saat menjalankan ibadah ini Anda sebagai seorang hamba semata-mata ikhlas karena Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah. Dengan begitu Anda akan mampu meraih keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah. 

  1. Untuk Pengingat Umat Muslim Agar Bersatu

Haji adalah salah satu bentuk ibadah yang mampu mempertemukan banyak sekali umat Muslim dari semua penjuru dunia. Untuk itulah ibadah yang satu ini bisa menjadi pengingat jika Muslim harus bersatu dan memang dari awal adalah satu kesatuan. 

Adapun pakaian ihram yang sama juga menggambarkan bila tak ada yang membedakan Jemaah haji antara satu dengan yang lainnya. Jika ada yang membedakan pun tak lain hanyalah ketakwaannya saja. 

  1. Sebagai Penyemangat Dalam Beribadah

Selain sebagai salah satu bentuk ibadah, haji juga bisa menjadi sebuah perjalanan spiritual. Umat Muslim yang Sudah menjalankan ibadah ini biasanya akan jadi lebih semangat beribadah saat pulang dari tanah suci. 

Dalam hal ini haji bisa menjadi sebuah kesempatan yang sangat besar untuk seluruh umat Islam dalam menyatukan tekad dan semangat dalam beribadah. Selain itu ibadah ini juga bisa sebagai media untuk menyebarkan kebenaran Allah pada sesama manusia.

  1. Menyaksikan Rumah Allah Secara Langsung

Ibadah ini bisa menjadi salah satu cara untuk seorang Muslim untuk bisa singgah ke rumah Allah yaitu Ka’bah atau Baitullah yang ada dalam Masjidil Haram. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat situs-situs bersejarah Islam secara langsung. 

Hikmah dari ibadah yang satu ini bisa mengajarkan Anda untuk bisa lebih menghayati nilai keimanan, ketakwaan, keikhlasan dan menghargai perjuangan Nabi Muhammad dan sahabat untuk menyebarkan agama Islam. 

Selain berbagai hikmah yang sudah disebutkan tentu ada banyak yang lainnya seperti meneladani ketaqwaan Nabi Ibrahim AS, menjawab panggilan Allah dan lain sebagainya. Meski begitu dalam melaksanakan ibadah ini tentu Anda harus memenuhi syarat yang ada. 

Syarat menjalankan Ibadah Haji

Hikmah Haji

Haji adalah salah satu ibadah yang paling baik. Oleh karena itu dalam pelaksanaanya ada aturan dan syarat tertentu yang wajib untuk Anda patuhi. Adapun beberapa syarat haji itu adalah:

  • Beragama Islam
  • Sudah Baligh
  • Berakal atau tidak gila
  • Merdeka
  • Istitha’ah

Setiap umat Muslim yang memiliki rencana untuk menunaikan haji harus memenuhi syarat yang ada diatas. Adapun jika Anda merasa sudah memenuhinya dan mampu menjalankan  baru bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti ibadah haji. 

Untuk mengikuti ibadah ini sendiri pastikan Anda memakai jasa yang berpengalaman seperti Granada Tour. Info selengkapnya bisa segera saja menghubungi no Whatsappnya di sini. Wujudkan ibadah haji impian dan dapatkan hikmah haji hanya Bersama Granada Tour. 

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya