8 Oleh-Oleh Haji Terpopuler Untuk Inspirasi Anda

Oleh-Oleh Haji

Masyarakat Indonesia mempunyai tradisi mengunjungi teman dan kerabatnya yang baru pulang beribadah umrah atau haji. Untuk itu yang bersangkutan perlu menyiapkan oleh-oleh haji sebagai ucapan terima kasih atas kehadiran mereka. 

Bagi Anda, calon jamaah haji yang masih bingung memilih oleh-oleh untuk para tamu nantinya, daftar berikut mungkin bisa menginspirasi.

Inspirasi Produk Oleh-Oleh Haji untuk Tamu

Sebenarnya di Indonesia sendiri sudah banyak tersedia toko oleh-oleh haji yang mendatangkan produk dagangannya langsung dari negara-negara Timur Tengah. Ini tentu memudahkan karena Anda bisa belanja sebagian oleh-oleh di Tanah Air. 

Sementara untuk oleh-oleh haji yang tidak ada di Indonesia dapat Anda beli secara langsung di lokasi. Rekomendasi produk oleh-oleh berikut mungkin bisa membantu Anda membuat daftar belanja.

  1. Air Zam-Zam

Oleh-oleh yang satu ini dapat dibilang wajib dicicipi para tamu yang hadir. Air yang disucikan oleh umat Islam ini berasal dari tiga sumber mata air, yaitu Bukit Marwa, Gunung Abu Qubais Shafa, dan Hajar Aswad. 

Selama lebih dari 4.000 tahun air zam-zam tidak pernah surut alirannya walaupun disedot terus-menerus. Sebelum meminumnya, kita juga dianjurkan membaca doa tertentu.

  1. Kurma
Oleh-Oleh Haji

Selanjutnya adalah kurma yang memang identik sebagai hidangan khas masyarakat Arab. Tidak hanya cita rasanya yang manis dengan tekstur legit, sains juga telah membuktikan kalau buah ini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah penambah stamina dan sumber energi.

Anda bisa membeli kurma segar, maupun kering untuk dibawa pulang ke Tanah Air.

  1. Buah Tin

Setelah kurma, buah tin kering juga banyak dicari untuk oleh-oleh jamaah haji dan umrah. Konon ini juga merupakan buah kesukaan Rasul Muhammad SAW. Terlepas dari itu, buah tin sendiri memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan terutama memperlancar pencernaan juga sumber tenaga.

  1. Siwak
Oleh-Oleh Haji

Bersiwak adalah salah satu sunah yang sangat Rasulullah anjurkan. Siwak sendiri adalah ranting kayu yang dahulu digunakan untuk membersihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut.

Sekarang produk siwak hadir semakin kekinian, misalnya dengan hiasan ukiran agar terlihat lebih menarik. Produk ini bisa dengan mudah Anda temukan baik di gerai oleh-oleh haji terdekat di Indonesia maupun di Arab Saudi.

  1. Sajadah

Rekomendasi selanjutnya untuk Anda adalah sajadah, yang kita jadikan alas ketika shalat untuk menjaga kebersihan. Namun sajadah oleh-oleh haji umumnya mempunyai kekhasan tersendiri, yaitu bermotif ka’bah, Masjidil Haram, sampai Masjid Nabawi.

  1. Snack Khas Arab
Oleh-Oleh Haji

Jika ingin membeli makanan oleh-oleh haji, Anda bisa belanja beberapa cemilan lezat yang sulit ditemukan di sini. Ini antara lain kismis, kacang Arab, dan coklat. Kismis Arab mempunyai lebih banyak varian jenis, warna, dan rasa, mulai dari yang sangat manis, sampai yang sedikit asam.

Demikian pula kacang Arab, yang rasanya gurih dengan tekstur renyah, sangat pas untuk yang hobi ngemil makanan sehat. Alternatif oleh-oleh kacang-kacangan lainnya adalah kacang almond dan pistachio yang tidak kalah lezat.

Coklat oleh-oleh khas dari Kota Mekah adalah coklat batu yang sekilas memang bentuknya seperti batu karang sungguhan. Selain itu Anda juga bisa membeli coklat dalam kemasan kotak eksklusif yang cocok untuk buah tangan orang yang Anda hormati, misalnya atasan di kantor.

  1. Parfum

Satu lagi inspirasi oleh-oleh haji dan umroh yang cukup populer, yaitu parfum. Ini mengingat wewangian juga lekat dengan kultur masyarakat Arab. Alih-alih beraroma bunga atau buah, kebanyakan parfum Arab menggunakan wewangian cendana, kasturi, misik, juga rempah-rempah aromatik.

  1. Henna dan Celak

Untuk para wanita, Anda bisa menghadiahkan henna dan celak untuk mempercantik penampilan mereka. Henna adalah cat kuku halal dari pewarna tumbuhan dan boleh dipakai shalat karena tidak menghalangi air wudhu. Inilah bedanya dengan cat kuku biasa.

Selanjutnya ada celak yang merupakan eyeliner tradisional untuk membuat tampilan mata terlihat lebih besar dan dramatis.

Nah, itu dia oleh-oleh haji yang umum menjadi buah tangan bagi para tamu yang datang berkunjung. Untuk Anda yang berniat menunaikan ibadah haji dalam waktu dekat ini, bisa mendapatkan informasi di sini. Percayakan perjalanan Anda pada perusahaan tour and travel profesional seperti Granada Tour.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya