Bacaan Sholawat Haji Lengkap Arab dan Latin dan Keutamaannya

Sholawat Haji

Sebagai Muslim tentu kita bercita-cita untuk menginjakkan kaki di Mekah, mengunjungi rumah Allah dan menjalankan ibadah haji. Sayangnya tidak semua Muslim ditakdirkan untuk memenuhi rukun Islam kelima ini. Nah, bacaan sholawat haji berikut dapat mempermudah kita merealisasikan cita-cita itu.

Sekilas Tentang Sholawat Haji

Sholawat Haji

Untuk yang belum pernah mendengar tentang bacaan yang satu ini mungkin bertanya-tanya apa yang dimaksud sholawat haji. Doa ini berasal dari Syekh Ahmad Qusyairi, ulama pakar ilmu falak yang termasyhur dalam syiar Islam di kawasan Pasuruan dahulu.

Salah satu karya beliau adalah kitab Al-Wasiilah Al-Hariyyah fi Al-Shalawat Ala Khairil Bariyyah dan di dalamnya tercantum doa agar umat Islam dapat menunaikan ibadah haji.

Doa tersebut beliau tulis dalam bentuk shalawat karena Syekh Ahmad Qusyairi, dikenal sebagai ulama pecinta Rasulullah SAW. Jadi fadhilah sholawat hajjiyah adalah memudahkan kita untuk mewujudkan cita-cita menunaikan ibadah haji untuk menyempurnakan rukun Islam.

Selain itu sholawat ini juga kerap dibaca menjelang keberangkatan jamaah haji ke Baitullah. Tujuannya adalah mendapatkan kemudahan dan kelancaran saat melaksanakan ibadah haji. Karena itu doa ini juga sering disebut sholawat pergi haji ke tanah suci.

Teks Sholawat Haji Lengkap

Sholawat Haji

Berikut bacaan sholawat haji teks Arab sekaligus latin yang bisa jadi referensi, terutama yang ingin segera berangkat ke Tanah Suci.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضْلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهٖ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.”

Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah shalawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya shalawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya.”

Tips Agar Cita-Cita Berhaji Segera Terkabul

Sholawat Haji

Bisa menunaikan ibadah haji adalah karena karunia dan rahmat dari Allah SWT, yang bahkan kadang tidak berhubungan dengan latar belakang dan kemampuan finansial seseorang. 

Betapa seringnya kita mendengar kisah tentang jamaah haji dengan berbagai kekurangan yang seolah mustahil untuk dapat berangkat ke Mekah, namun faktanya Allah mampukan. 

Agar kita juga termasuk dalam hamba-hamba yang terpilih mendapatkan undangan-Nya, beberapa ikhtiar berikut mungkin dapat membantu.

  1. Mendekat Kepada-Nya

Pastikan Allah meridhai seluruh upaya kita untuk pergi ke tanah suci dengan cara mendekat kepada-Nya. Caranya adalah memperbaiki ibadah harian kita. Ini misalnya dengan shalat tepat waktu dan berjamaah, menambah amalan sunnah, mengikuti kajian agama, berbuat baik kepada orang tua, dan bersedekah.

Tidak lupa panjatkan doa secara khusyuk dan serius mengenai cita-cita kita tersebut pada waktu-waktu istimewa, termasuk dengan membaca sholawat haji. Anda bisa menghafalkan sholawat haji teks arab dan latin di atas untuk dibaca sehari-hari.

  1. Menabung

Ibadah haji memerlukan dana yang tidak sedikit dan jika ingin berhaji semuda mungkin, Anda juga harus mulai menabung sedini mungkin. 

Anda bisa memulai dengan menyisihkan 25% – 30% dari penghasilan khusus untuk mendaftar haji. Nominal ideal tabungan bisa berbeda-beda, tergantung dari besarnya penghasilan Anda.

  1. Bersedekah

Seperti yang sudah kami sebutkan, bersedekah adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hikmah dari sedekah adalah tawakal atau berserah kepada Allah, karena seorang Muslim percaya bahwa berkurangnya harta ini adalah untuk meraih ridha-Nya.

Lagi pula Allah telah menjamin bahwa sedekah tidak akan membuat kita miskin. Janji Allah tersebut tercantum dalam Al-Qur’an Surat Saba’ ayat 39 yang artinya:

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

Terakhir, adalah mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai pendaftaran haji dari sumber yang tepat. Salah satunya adalah Granada Tour, perusahaan tour and travel terpercaya dan berpengalaman dalam menyediakan paket-paket perjalanan haji dan umroh.

Bersama kami perjalanan ibadah Anda pasti semakin lancar, aman, dan nyaman. Silakan klik di sini untuk menghubungi layanan pelanggan kami.  Dengan rajin membaca sholawat haji dan konsisten menjalankan tips tersebut, cita-cita ke tanah suci pasti dapat Anda wujudkan dalam waktu singkat.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya