5 Keutamaan dan Pahala Umrah di Bulan Ramadhan

pahala umrah di bulan Ramadhan

Melaksanakan umrah mempunyai banyak keutamaan dalam menyempurnakan ibadah seorang Muslim. Menunaikan ibadah ini di Bulan Ramadhan akan mendatangkan banyak keutamaan, termasuk pahala umrah di bulan Ramadhan yang akan dilipat gandakan. 

Umrah di Bulan Ramadhan Sama dengan Haji

Bukhari (1782) dan Muslim (1256) meriwayatkan dari Ibnu Abbas, beliau menyampaikan, “Rasulullah SAW bersabda kepada salah seorang perempuan yang berasal dari Kaum Anshar. “Apa yang menghalangimu melakukan haji bersama kami?” 

Dia membalas, “Kami hanya mempunyai dua ekor unta, yang satu dibawa oleh ayah dan anaknya, dan satunya lagi dimanfaatkan untuk menyiram kebun.” Mendengar jawaban tersebut, Nabi SAW berkata,

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah, karena umrah itu sama dengan haji.”

Dalam riwayat Muslim menyebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً

“Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Muslim no. 1256)

Hadis umrah di bulan Ramadhan dikuatkan lagi oleh Riwayat Bukhari yang menyampaikan bahwa,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku.” (HR. Bukhari no. 1863).

Berdasarkan hadist-hadist umrah di bulan Ramadhan tersebut dengan gamblang mengisyaratkan anjuran untuk melaksanakan umrah di bulan Ramadhan. Pasalnya dalam hadis di atas jelas dikatakan bahwa berumrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji.

Nah, apa yang dimaksud dengan sama atau menyamai ibadah haji itu sendiri? Kita bahas bersama supaya dapat dipahami, ya.

Abdurrauf Al-Munawi dalam At-Tasyir bi Syahri Jami’is Shaghir mengungkapkan jika yang dimaksud dengan ibadah umrah pada saat Ramadhan sama dengan ibadah haji adalah dari segi pahalanya. Artinya, meski demikian ibadah umrah pada saat bulan puasa Ramadhan tidak akan menggugurkan kewajiban haji begitu saja. Sebagaimana yang beliau sampaikan berikut:

“(Maksudnya) ialah dari segi pahalanya, bukan dari sisi umrah (di bulan Ramadhan) menggugurkan kewajiban haji sebab menurut ijma’ ibadah umrah tidak akan mampu menggantikan posisi haji wajib” (Abdurrauf Al-Munawi dalam At-Tasyir bi Syahri Jami’is Shaghir, Riyadh Maktabah Al-Imam As-Syafi’i, cet ke-2, 1408 H/1998 M, juz II, hal. 288).

pahala umrah di bulan Ramadhan

Kelebihan Mengerjakan Umrah di Bulan Ramadhan

  1. Memperoleh Pahala Berlipat Ganda

Bukan hanya nilai ibadahnya yang setara dengan haji, mengerjakan umrah di bulan Ramadhan akan membuka peluang bagi Anda untuk meraup pahala berlipat ganda. Hal tersebut karena amal yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan digandakan paling tidak 10 kali lipat.

  1. Amalan Cerdas di Waktu Terbatas

Jika Anda mengharapkan ibadah umrah yang mempunyai nilai sama dengan pahala haji, ingin menggandakan pahala ibadah wajib dan sunah di Masjidil Haram, maka sudah semestinya Anda segera merencanakan dengan matang untuk berangkat umrah di bulan Ramadhan.

  1. Biaya yang Mahal Dihitung sebagai Fi Sabilillah

Umumnya ada biaya tersendiri jika Anda ingin berangkat umrah bertepatan dengan bulan Ramadhan. Biaya yang harus Anda siapkan pun bisa berkali lipat lebih banyak dari umrah reguler. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab setiap mata uang yang Anda keluarkan akan diganti sebagai fi sabilillah.

  1. Umrah di Bulan Ramadhan Mendatangkan Rezeki Melimpah

Menjalani umrah bertepatan dengan Ramadhan diyakini akan mendatangkan rezeki yang berlimpah, sebab salah satu keutamaan umrah di bulan Ramadhan ialah penghapus kefakiran.

  1. Terijabahnya Doa

Selain mempunyai fadilah untuk melancarkan rezeki, melaksanakan umrah di bulan Ramadhan juga mempunyai keutamaan cepat terkabulnya doa-doa yang Anda panjatkan. Sebab umrah sendiri sudah merupakan ibadah yang dimuliakan ditambah bertepatan dengan melakukannya di waktu yang penuh keberkahan.

pahala umrah di bulan Ramadhan

Namun, meskipun banyak fadilah yang bakal Anda peroleh jika berumrah di bulan Ramadhan, jangan sampai hal tersebut mengaburkan niat murni Anda. Niatkan dengan sungguh-sungguh Anda beribadah hanya mengharapkan rida dari Allah SWT semata. Demikianlah pembahasan kali ini. 

Semoga Anda dimudahkan untuk segera mengunjungi Baitullah khususnya di bulan Ramadhan agar mendapat pahala umrah di bulan Ramadhan yang dilipatgandakan. Granada Tour dapat membantu Anda membantu perencanaan dan jadwal keberangkatan Anda. Chat WhatsApp untuk langsung bertanya.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya