Apakah yang Dimaksud dengan Badal Umrah?

Badal umrah

Pada ibadah umrah maupun haji, mungkin Anda pernah mendengar istilah badal umrah. Untuk memahami istilah badal umrah, pada artikel berikut ini kami telah merangkum definisi, hukum, dan persyaratan yang harus terpenuhi.

Karena umrah merupakan sebuah ibadah badan dan harta yang sangat mulia, maka bagi mereka yang sudah mampu sebaiknya bersegera melaksanakan ibadah umrah ini untuk meraih berbagai keutamaannya.

Mari kita mulai membaca artikelnya.

Apa itu Badal Umrah?

Badal umrah adalah sebuah ibadah umrah yang pelaksanaannya diwakilkan kepada orang lain yang lebih mampu. Tentu ada beberapa syarat yang harus terpenuhi ketika seseorang melaksanakan ibadah badal umrah untuk orang lain.

Ibadah badal umrah memiliki keutamaan yang sama dengan umrah biasa. Di mana keutamaan pada ibadah umrah biasa seperti dosa-dosa yang terampuni, pahala yang berlipat ganda, hingga dapat mengikis kemiskinan akan didapatkan bagi mereka yang melakukannya.

Tak lupa, rukun umrah yang berjalan sesuai tuntunan yang shahih juga harus terpenuhi. Adapun rukun umrah tersebut ada 5 yaitu, niat/ihram, tawaf umrah, sa’i umrah, tahallul, dan melaksanakan semua rukun tersebut dengan tertib dan khusyu.

Jika semua rukun tersebut telah terpenuhi, maka Insya Allah ibadah umrah atau badal umrah yang seseorang jalani akan diterima dan mendapatkan pahala  yang berlipat ganda.

Pahala badal umrah akan didapatkan kepada orang yang sedang dibadalkan. Adapun bagi yang mewakilkannya akan mendapatkan pahala tergantung pada kadar keikhlasannya membantu orang lain dalam melaksanakan ibadah.

Apa Saja Persyaratan Badal Umrah?

Badal umrah

Agar dapat melaksanakan badal umrah bagi orang lain, tentu ada beberapa syarat yang harus terpenuhi berdasarkan beberapa riwayat. Meskipun ada beberapa pendapat Ulama yang berbeda, namun berikut ini adalah persyaratan yang umumnya para Ulama telah sepakati.

  • Orang yang Melakukan Badal Umrah Harus Sudah Melaksanakan Umrah Sebelumnya

Syarat pertama untuk melakukan badal umrah adalah, seseorang yang menggantikan orang lain untuk ibadah ini harus sudah melakukannya untuk dirinya sendiri terlebih dahulu.

Jika Anda sudah pernah melaksanakan badal umrah, maka Anda dapat melakukan badal umrah untuk orang lain dengan syarat pendukung lainnya yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Tidak Mampu Lagi Melaksanakan Ibadah Umrah

Seseorang yang dapat dibadalkan ibadah umrahnya adalah mereka yang sudah tidak mampu lagi untuk melakukan umrah.

Hal ini dapat terjadi karena dua hal. Pertama, seseorang tersebut sudah meninggal dan tidak mungkin lagi melakukan ibadah umrah. Dan yang kedua, orang tersebut tidak mampu untuk pergi melaksanakan umrah karena sakit atau usianya yang sudah sangat tua.

Karena perjalanan umrah yang begitu lama akan membutuhkan kondisi fisik yang prima agar dapat menjalani semua aktivitas ibadah umrah dengan khusyu. Selain itu, paket ibadah umrah yang biro umrah tawarkan biasanya memakan waktu yang cukup lama, mulai dari 7 hari, hingga 14 hari. 

Dengan dua kondisi ini, maka mereka yang sudah tidak mampu untuk melaksanakan ibadah umrah dapat diwakilkan ibadahnya dengan cara melakukan badal umrah kepada orang lain.

Sebaiknya, badal umrah yang utama ialah untuk Ibu, ayah, lalu kerabat yang lain. Karena Rasulullah telah memerintahkan kita untuk mengutamakan berbakti kepada Ibu baru kepada ayah.

Jadi, badal umrah hukumnya boleh bagi mereka yang sudah memenuhi dua persyaratan di atas. Bagi Anda yang ingin berkonsultasi perihal informasi seputar paket ibadah umrah, Anda dapat menghubungi nomor ini melalui WhatsApp.

Kesimpulan

Badal umrah

Setelah memahami uraian yang singkat di atas maka, badal umrah artinya mewakilkan ibadah umrah pada seseorang yang sudah pernah melakukan ibadah umrah untuk dirinya sendiri.

Badal umrah dapat seseorang laksanakan bagi mereka yang sudah meninggal atau tidak mampu lagi untuk melaksanakan umrah, baik itu karena sakit yang berat dan usia yang sudah tua. Bagi Anda yang berminat untuk melaksanakan ibadah umrah dengan harga yang terjangkau, Anda dapat mengunjungi Granada Tour

Terdapat berbagai paket umrah 2023 yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari paket umrah 9 hari, paket umrah 12 hari, paket umrah plus India,  hingga paket umrah Ramadan. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang ibadah badal umrah, dan bermanfaat bagi Anda.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya