Pahami Doa Pulang Umrah dan Sunnahnya agar Berkah

Doa Pulang Umrah

Saat akan berangkat umrah ada banyak hal yang harus Anda persiapkan, agar ibadah berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah doa pulang umrah yang seolah sudah menjadi ritual bagi para jemaah.

Selain mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW, memanjatkan doa ketika pulang umrah juga adalah bentuk kesungguhan jemaah untuk memperoleh status mabrur. Mabrur sendiri ialah umrah yang dipenuhi kebaikan dan tidak terkotori oleh dosa.

Doa Pulang Umrah dan Artinya

Adapun tujuan memanjatkan doa, agar Allah SWT menerima serangkaian ibadah umrah yang sudah terlaksana dan memenuhinya dengan keberkahan. Tentu Anda juga mengharapkan hal yang sama, bukan?

Lebih dari itu, doa juga menjadi wujud rasa syukur atas perlindungan-Nya, sehingga bisa selamat sampai kembali ke tanah air. Berikut adalah doa pulang umrah Arab dan latin yang bisa Anda mulai hafalkan:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَا عُمْرَةً مَبْرُوْرًا، وَسَعْيَنَا سَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَا ذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَا تِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ.

Latin;

Allahummaj ‘al hajjana hajjan mabruro, wa umrotana ‘umrotan mabruro, wa sa’yana sa’yan masykuro, wadzambana dzanban maghfuro, wa ‘amalana amalan sholihan maqbula, watijaarotana tijaarotan lan tabuur, ya ‘aalima maa fis shuduur, akhrijnaa minasdz dzulumaati ilannur 

Artinya;

“Ya Allah jadikanlah haji kamu haji yang mabrur, umrah kami umrah yang mabrur, sa’i kami sa’i yang disyukuri, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal saleh yang diterima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam dada, keluarkanlah kami dari kegelapan menuju cahaya”.

Sunnah Pulang Umrah

Sama seperti pas keberangkatan, pada saat kepulangan umrah pun ada salat sunnah dua rakaat yang sebaiknya Anda lakukan dengan niat qudum. Salat qudum ialah ibadah salat sunnah yang pelaksanaannya, setelah melakukan perjalanan.

Untuk salat qudum setelah umrah, alangkah lebih baik jika melakukannya di masjid ataupun musala terdekat dari rumah. Namun jika tidak memungkinkan, Anda boleh melaksanakannya di rumah.

Menurut hadis riwayat Bukhori, Ka’ab bin Malik pernah mengatakan, jika Rasulullah SAW selalu menunaikan salat dua rakaat, setelah pulang safar. Berikut bacaan niat salat sunnah qudum:

ﺃُﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﻘُﺪﻭْﻡِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻟِﻠّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya;

“Aku niat salat sunnah, karena pulang dari bepergian (Qudum) dua raka’at karena Allah Ta’ala”

Setelah surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca Al-Kafirun pada rakaat pertama dan yang kedua Al-Ikhlas. Di bawah ini adalah doa yang bisa Anda panjatkan, setelah salat qudum sepulang dari umrah:

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَصَرَنِي بِقَضَاءِ نُسُكِيْ وَحَفَظَنِيْ مِنْ وَعَثَاءِ السَّفَرِ حَتَّى أَعُوْدُ إِلَى أَهْلِيْ، اللَّهُمَّ بَارِكْ فِي حَيَاتِي بَعْدَ الحَجِّ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya;

“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pertolongan kepadaku dengan melaksanakan ibadah umrah dan telah menjaga diriku dari kesulitan bepergian, sehingga aku dapat kembali lagi kepada keluargaku. Ya Allah berkatilah dalam hidupku, setelah melaksanakan umrah dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang saleh”.

Akhiri salat qudum dengan membaca doa sebagai berikut:

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ لَا إِلهَ إِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. ائِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ سَاجِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأَ حْزَابَ وَحْدَهُ

Artinya;

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kerajaan dan milik-Nya semua pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Semoga kami termasuk orang-orang yang kembali, orang ahli taubat, orang ahli ibadah, ahli sujud, dan kepada Allah kami semua memuji”.

Solusi Agar Tidak Lupa

Doa Pulang Umrah

Melihat masing-masing maknanya, doa di atas sangat baik untuk untuk dilakukan. Sayang, masih banyak orang yang berangkat umrah, tetapi tidak membaca doa ini saat kepulangannya. 

Salah satu faktor penyebab yang sering ditemui ialah kurangnya informasi, terutama dari agen perjalanan. Oleh karena itu, Granada Tour hadir menjadi sahabat terbaik Anda yang ingin berangkat umrah

Di sini kami menyediakan beragam pilihan paket tour dengan harga kompetitif dan fasilitas hotel berbintang 4 atau 5. Tidak hanya itu, kami juga memiliki layanan konsultasi untuk perjalanan umrah yang nyaman dan inshaa Allah mabrur.

Bersama tim berpengalaman, Anda bisa melakukan perencanaan perjalanan, termasuk mempelajari doa pulang umrah. Untuk informasi lebih lanjut, silakan sampaikan kepada tim kami melalui WhatsApp kami

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya