Lengkap! Inilah Doa Umrah Mabrur Agar Ibadah Berkah

Setiap Muslim pasti mendambakan ibadah di tanah suci, baik haji maupun umrah. Hal ini karena ibadah ini hanya bisa dilaksanakan di Makkah. Selain itu Anda harus memenuhi beberapa syarat yaitu harta dan kekuatan fisik. Tak kalah penting memperbanyak doa umrah mabrur.

Ibadah umrah memiliki keutamaan yang besar. Allah pasti akan memberikan ganjaran pahala bagi siapapun yang menjalankannya. Karena umrah merupakan serangkaian ibadah, Anda harus memanjatkan doa di setiap aktivitasnya. Dengan mengharap ridho Allah dan membaca doa umroh mabrur sesuai sunnah, Anda akan dapat beribadah dengan lancar.

Berikut kami rangkum beberapa doa yang bisa Anda lafalkan selama beribadah umrah. Inilah beberapa doa umroh mabrur Arab beserta artinya.

  1. Doa Saat Sampai di Miqat
Doa Umrah Mabrur

Doa ini sebaiknya dilafalkan saat Anda masih berada dalam pesawat. Saat pesawat Anda tepat di atas Qornul Manazil atau 15 menit sebelum Anda mendarat di kota Jeddah, Anda harus membaca doa berikut ini:

Labbaika Allohumma ‘Umrotan

Artinya: “Kusambut panggilanmu Ya Allah untuk ber-umrah”

Setelah mengerjakan persiapan ihram dan memakai pakaian ihram, Anda harus berniat untuk mulai menjalankan ibadah umrah. Niat tersebut bisa diucapkan sesudah selesai melaksanakan shalat sunnah ihram. Inilah bacaan niatnya:

Nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika Allahumma umratan.”

Artinya: “Aku niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah. Aku sambut panggilan-Mu Ya Allah untuk berumrah.”

  1. Doa Talbiyah hingga Thawaf
Doa Umrah Mabrur

Talbiyah adalah bacaan yang harus Anda lafalkan setelah berniat untuk umrah. Bacaan ini merupakan pernyataan tauhid kepada Allah. Akhir dari membaca talbiyah adalah saat Anda akan mulai melakukan thawaf. Sedangkan hukum melafalkan doa ini adalah sunnah muakad.

Jemaah pria harus melafalkan talbiyah dengan keras. Sedangkan para wanita sebaiknya mengeluarkan suara yang keras. Inilah bacaan talbiyah dan artinya.

Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.”

Artinya: “Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi penggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu.

  1. Doa Umroh yang Mabrur

Saat melakukan thawaf atau mengelilingi Ka’bah, sebaiknya Anda memperbanyak membaca doa. Berikut adalah salah satu doa untuk umroh mabrur yang sebaiknya Anda baca pada tiga putaran pertama thawaf.

Allahummaj’alha umratan mabruurah, wasa’yan masykuura, wadzamban maghfuura, wa’amalan shaalihan maqbuula, watijaaratan lan tabuur, Ya ‘aalima maafisshudur, akhrijnaa minazzhulumaati ilan-nuur.

Artinya: Ya Allah karuniakanlah kepada kami haji yang mabrur, sa’I yang penuh syukur, dosa yang terampun dan usaha yang Makmur. Ya Allah, Tuhan Yang Mengetahui apa yang terkandung dalam sanubari, keluarkanlah kami dari kegelapan hati ke cahaya iman yang terang benderang.”

  1. Doa saat Thawaf
Doa Umrah Mabrur

Thawaf adalah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Anda bisa mulai melakukannya saat berada lurus dengan Hajar Aswad. Jika menungkinkan, Anda bisa mencium atau mengusap Hajar Aswad. Namun, jika terlalu berdesakan, Anda cukup melambaikan tangan sambil membaca:

Bismillahi Allohu Akbar

Saat berada diantara rukun yamani dan Hajar Aswad, bacalah doa sapu jagad. Selain membaca doa mohon umroh mabrur, sebaiknya Anda juga tidak melewatkan doa ini.

Robbana aatina fiddunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah Wa qinaa adzaa bannar

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari siksaan api neraka.”

  1. Doa Minum Air Zam-Zam
Doa Umrah Mabrur

Sebelum mengerjakan sa’i, sebaiknya Anda beristirahat sebentar dan minum air zam-zam. Adapun doa saat meminum air zam-zam adalah sebagai berikut:

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon waasi’an. Wa syifaa-an min kulli daa-in.”

Artinya: “Ya Allah, Aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas dan obat dari segala penyakit.”

Itulah beberapa doa umrah yang bisa Anda lantunkan saat beribadah umrah. Pastinya Anda hanya mengharapkan ridho Allah agar ibadah Anda dapat diterima dan mabrur. Agar mendapatkan bimbingan saat melakukan rangkaian prosesi ibadah ini, Anda harus memilih travel umroh yang tepat. 

Travel umrah yang kredibel pastinya memiliki pembimbing yang berpengalaman yang akan menuntun Anda dalam memanjatkan doa umrah mabrur dengan benar. Anda dapat menghubungi nomor ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai umrah.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya