Doa untuk Orang Umrah Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

doa untuk orang umrah

Dalam menjalankan ibadah ke tanah suci biasanya ada doa untuk orang umrah. Terdiri atas doa untuk umrah mabrur serta ucapan untuk orang umroh. Tujuannya agar ibadah yang calon jemaah lakukan di tanah suci lancar baik saat perjalanan maupun hingga ke lokasi tujuan.

Biasanya sebelum melepaskan calon jemaah diadakan Walimatus Safar. Acara ini berupa pesta untuk melepas calon jemaah umrah ke tanah suci. Walimatus Safar meliputi pembacaan doa hingga tausiyah oleh ustadz atau kiai.

Hukum Walimatul Safar

doa untuk orang umrah

Hukum Walimatul Safar menurut Imam An Nawawi dalam kitabnya yakni Al Majmu’ Syarh Al Muhadzab termasuk sunnah. Ada riwayat dan dalil yang jelas salah satunya dalam riwayat Muslim dari Abdullah bin Ja’fa yang berbunyi:

Nabi SAW ketika datang dari suatu perjalanan, maka kami menemuinya, yakni saya, Hasan dan Husein menemui beliau, lalu beliau menggendong salah satu dari kami di bagian depan dan yang lainnya (digendong) di bagian belakang sampai kami masuk kota Madinah.” (HR. Muslim).

Doa untuk Orang Umrah

doa untuk orang umrah

Berdasarkan Imam Ghazali dalam bukunya yakni Ihya Ulumudin menyatakan bahwa umat Muslim disunnahkan mendoakan orang yang hendak berangkat haji maupun umrah. Doa untuk orang umrah yakni sebagai berikut beserta terjemahannya:

فِيْ حِفْظِ اللهِ وَكَنفِهِ وَزَوَّدَكَ اللَهَ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَوَجَّهَكَ لِلْخَيْرِ أَيْنَمَا كُنْتَ

Fi hifdzillahi wa kanafihi wa zawwadakallahut taqwa wa ghafara dzanbaka wa wajjahaka lil khairi ainama kunta.

Artinya: “Semoga engkau selalu dalam penjagaan Allah dan perlindungannya, semoga Allah memberikan bekal ketakwaan kepadamu dan mengampuni dosamu, dan semoga Allah memberikan kebaikan dimanapun kamu berada.”

Pembacaan doa sebelum keberangkatan ini juga pernah disinggung oleh hadis Hasan dari Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Hakim serta Ibnu Hibban yang berbunyi:

أستودع الله دينك وأمانتك وخواتيم عملك

Astaudi’ullaha dinaka wa amanataka wa khawatima ‘amalika. 

Artinya: :Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatanmu yang terakhir kepada Allah” (HR. Tirmidzi, Hakim, dan Ibnu Hibban).

Doa sebelum Berangkat dan Menuju Embarkasi

Dalam buku doa dan dzikir manasik haji dan umrah terbitan Kemenag juga ada doa berangkat umroh dari rumah. Untuk doa sebelum berangkat bisa membaca sebagai berikut:

الحَمْدُ لِلهِ الذِيْ هَدَانِيْ بِالإسْلَامِ، وَأَرْشَدَنِيْ إلَى أدَاءِ مَنَاسِكِي حَاجًا بِبَيْتِهِ وَمُعْتَمِرًا بِمَشَاعِرِه. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلى النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلى آلهِ وَأصْحَابِهِ أجْمَعِينَ. اللَّهُمَّ إِلَيْكَ تَوَجَّهْتُ، وَبِكَ اعْتَصَمْتُ. اللَّهُمَّ اكْفِنِي مَا هَمَّنِي وَمَا لاَ أَهْتَمُّ لَهُ، اللَّهُمَّ زَوِّدْنِي التَّقْوَى، وَاغْفِرْ لِي ذَنْبِي

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan kepadaku untuk menunaikan manasik hajiku di rumahNya, dan mengerjakan umrah di tempat lambang- lambang keagungan-Nya (Masyair). Ya Allah berilah shalawat atas Nabi yang tidak bisa baca dan tulis (ummi) dan atas keluarga dan para sahabatnya sekalian. 

Ya Allah kepada-Mu aku menghadap dan dengan-Mu aku berpegang teguh. Ya Allah lindungilah aku dari sesuatu yang menyusahkan dan sesuatu yang tidak saya perlukan. Ya Allah berilah aku dengan taqwa dan ampunilah dosaku.”

Sementara ketika calon jemaah haji keluar rumah dan menuju embarkasi dapat membaca doa ini:

بِسْمِ اللَّهِ آمَنْتُ بِاللَّهِ اعْتَصَمْتُ بِاللَّهِ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ.

Artinya: “Dengan nama Allah aku beriman kepada Allah. Dengan nama Allah aku berlindung kepada Allah. Dengan nama Allah aku berserah diri kepada Allah, tiada daya upaya dan tiada kekuatan melainkan atas izin Allah yang Maha Luhur Maha Agung.”

Doa Duduk dalam Kendaraan

doa untuk orang umrah

Ketika berada dalam kendaraan untuk menjaga agar selama perjalanan bisa lancar dan selamat hingga tujuan sebaiknya Anda juga membaca doa sebagai berikut: 

بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡر۪ٮٰهَا وَمُرۡسَٮٰهَآۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ۬

Artinya: “Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Selain berdoa untuk kelancaran sebelum keberangkatan, pilih tour haji yang profesional seperti Granada Tour. Anda akan mendapatkan pendampingan mulai sebelum keberangkatan hingga selesai umrah.

And juga bisa mendaftarkan diri via nomor Whatsapp dan konsultasi terkait paket umrahnya. Granada Tour juga menyediakan buku doa termasuk doa untuk orang umrah dan kebutuhan jamaah lainnya seperti manasik haji.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya