7 Ketentuan Umrah Terbaru Tahun 2023, Apa Saja?

Ketentuan Umrah

Melaksanakan ibadah umrah tentu menjadi salah satu impian bagi sebagian umat muslim di seluruh dunia. Apakah Anda salah satunya? Bagi Anda yang berencana untuk menjalankan ibadah umrah, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja ketentuan umrah.

Anjuran untuk melaksanakan ibadah umrah memang sudah tertuang dalam ayat suci Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 19:

Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah” (Al-Baqarah (2): 196)

Dalam menjalankan ibadah umrah, Anda harus menjalankan empat rukun umrah yaitu: niat ihram, tawaf, sya’i dan memotong rambut atau tahallul.

Selain itu ada beberapa ketentuan dan syarat umroh 2023 yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasan lengkapnya:

Syarat dan Ketentuan Umrah Terbaru

Ketentuan Umrah

Kementerian Agama menyatakan bahwa Pemerintah Arab Saudi akan memberlakukan beberapa ketentuan baru untuk pelaksanaan ibadah umrah pada 144 Hijriyah/2023 Masehi.

  1. Tidak Ada Batasan Kuota Umrah

Nur Arifin selaku Direktur Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama menyebutkan bahwa, aturan baru yang berlaku dari Arab Saudi salah satunya adalah sudah tidak adanya batasan kuota umrah.

Ini tentu kabar baik untuk umat Muslim di Indonesia. Karena dengan adanya aturan baru tersebut, maka bagi umat Muslim Indonesia yang ingin melakukan ibadah umrah tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan kuota setiap tahunnya.

  1. Proses Permohonan Visa

Dalam aturan baru, pemerintah Arab Saudi memperbolehkan umat Muslim untuk mengurus permohonan visa langsung pada pihak provider Arab Saudi.

Hanya saja, hasil forum group discussion (FGD) antara Pengawasan Umroh Kementrian Agama dan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPI) menyepakati bahwa pengurusan visa wajib melalui PPIU.

  1. Penggunaan Visa

Dalam peraturan baru menyebutkan bahwa bagi Anda yang hendak menjalankan ibadah umrah tidak perlu lagi menggunakan visa umrah. Anda boleh menggunakan jenis visa lainnya.

  1. Penghapusan Syarat Usia Umrah

Jika sebelumnya syarat usia umrah 2022 adalah 65 tahun, dalam peraturan baru menyebutkan bahwa sudah tidak ada lagi batasan maksimal usia.

Jadi selagi Anda mampu dan juga dalam keadaan sehat, maka diperbolehkan untuk melakukan ibadah haji umrah.

  1. Tidak Perlu Vaksin Meningitis

Ketentuan baru menyebutkan bahwa syarat umrah vaksin meningitis sudah tidak berlaku lagi. Tawfiq Al Rabiah selaku Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menegaskan bahwa vaksin meningitis tidak lagi menjadi syarat wajib untuk jemaah umrah termasuk jemaah asal Indonesia.

  1. Perpanjangan Masa Berlaku Visa

Seperti yang kita ketahui bahwa sebelumnya visa umrah hanya berlaku selama 30 hari saja. Namun kebijakan dari pemerintah Arab Saudi akan meringankan prosedur jemaah salah satunya dengan memperpanjang masa berlaku visa hingga 90 hari.

Jadi apabila Anda memiliki waktu yang luang, maka selesai ibadah umrah bisa jalan-jalan ataupun wisata religi terlebih dahulu sebelum kembali ke tanah air.

Namun demi keamanan dan kenyamanan, pastikan Anda memilih jasa travel yang amanah dan berkualitas. Agar Anda bisa menjalankan ibadah dan sunnah umrah dengan nyaman tanpa kendala.

Sebagai travel agen perjalanan umroh, Granada Tour bisa menjadi pilihan jasa travel bagi Anda. Karena telah berpengalaman lebih dari 10 tahun, Granada Tour bisa membantu Anda untuk membuat perencanaan perjalanan yang tepat.

Granada Tour juga menyediakan berbagai fasilitas terbaik seperti transportasi, hotel bintang 4-5, pemandu wisata yang berpengalaman, hingga persediaan makanan dan minuman selama perjalanan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi admin Granada Tour melalui WhatsApp

  1. Visa Dipakai Untuk Mengunjungi Kota Lain

Menurut pernyataan Tawfik selaku Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, jemaah Indonesia bisa menggunakan visa umrah untuk bepergian ke wilayah lain selain Mekkah dan Madinah.

Granada Tour menyediakan paket Umroh Plus India yang memungkinkan untuk Anda mendapatkan pengalaman perjalanan spiritual dan budaya. Melalui paket perjalanan ini Anda bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah seperti Taj Mahal, Red Fort Delhi, dan Qutub Minar

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam serta budaya di wilayah lain seperti Agra dan Jaipur. Beberapa ketentuan umrah terbaru yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi memang semakin memudahkan umat muslim Indonesia untuk menjalankan ibadah umrah.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya