Simak 5 Keutamaan Umrah Berikut Beserta Dalilnya

Keutamaan umrah

Mengetahui 5 keutamaan umrah beserta dalilnya, bisa lebih mampu memacu semangat dan mengoptimalkan cara untuk segera bertamu ke Baitullah. Menjadi tamu Allah di tanah-Nya yang suci, mendapatkan peluang pengabulan doa yang terjamin lebih dahsyat.

Nggak hanya itu, bisa merasakan kehidupan peninggalan peradaban Islam zaman dulu, termasuk merasakan atmosfer kehidupan baginda Nabi kita, tentu nilai berharganya tiada terkira.

Jadi setelah Anda tahu 5 Keutamaan Umrah beserta dalilnya, dan Keutamaan umrah di bulan Ramadhan, Anda akan merasa lebih bersyukur mengetahui ini, dan memiliki motivasi lebih untuk segera jadi tamu Allah di tanah suci.

5 Keutamaan Umrah Beserta Dalilnya

Keutamaan umrah

Rukun Islam yang kelima adalah menunaikan haji bagi yang mampu. Memang untuk menunaikan rukun Islam yang terakhir ini terbilang cukup berat.

Pasalnya, keterbatasan dalam kesempatan yang tersedia kemudian ongkos biaya yang sangat nggak sedikit, membuat ibadah haji nggak bisa dijangkau semua lapisan masyarakat. 

Namun Allah Yang Maha Welas Asih, memberi keringanan dengan anjuran melaksanakan Umrah terlebih dahulu yang terbilang lebih ringan.

Agar tak memutus semangat Anda, kami sajikan langsung 5 Keutamaan Umrah beserta dalilnya yang wajib Anda ketahui.

  1.  Umrah Penghapus Dosa

Ketika seseorang sudah menjalankan umrah satu kali, kemudian akan menjalankan umrah untuk kedua kali dan mungkin beberapa kali lagi, maka pada jarak rentan waktu umrah tersebut, Allah mengampuni dosanya.

Seperti termaktub dalam hadis riwayat Bukhari sebagai berikut:

“Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain syurga.” (HR. Bukhari)

  1. Doa Saat Umrah Dikabulkan

Saat seseorang menjalankan ibadah umrah kemudian berdoa dengan khusyuk di tanah suci Mekkah, In Syaa Allah doanya akan mendapat ijabah dari Allah.

Dari Abu Hurairah menyampaikan, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam bersabda:

“Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya”. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

  1. Dijanjikan Surga

Setiap laki-laki dan perempuan yang menjalankan ibadah umrah, akan mendapatkan janji ganjaran surga. Hadis Shahih Bukhari dan Hadis Imam At-Tirmidzi menerangkan:

“Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umroh (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. 

Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga.” (HR Imam at-Tirmidzi).

  1. Mendapatkan Ketenangan Hati

Syaikh Abul ‘Ula Al-Mubarakfuri Rahimahullah menyampaikan, selain mendapat keberkahan rezeki, seseorang yang telah menunaikan Umrah akan menjadi lebih tenang dan tentram.

Haji dan umrah menghilangkan kefakiran, bisa bermakna kefakiran secara dzahir, dengan terwujudnya kecukupan harta. Bisa juga bermakna batin yaitu terwujudnya kekayaan dalam hati.” (Tuhfatul Ahwazi)

  1. Wafat ketika Umrah Tercatat Pahalanya Hingga Hari Kiamat

Apabila seseorang memiliki niat umrah dengan baik, namun belum sempat mewujudkannya, niat tersebut sudah Allah catat sebagai pahala. Kemudian ketika seseorang meninggal saat umrah, dan umrahnya belum tercapai semua, janji pahala Allah sudah sempurna.

Abu Hurairah Radhiallaahu Anhu, beliau berkata: Rasulullah Shalallaahu alaihi Wasalam bersabda:

“Barangsiapa keluar dalam melaksanakan haji lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang haji hingga hari kiamat,

Barangsiapa keluar dalam melaksanakan umrah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang melaksanakan umrah sampai hari kiamat,

Dan barangsiapa keluar dalam berperang dijalan Allah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang berperang dijalan Allah sampai hari kiamat.”

Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan

Keutamaan umrah

Informasi keutamaan umrah di bulan Ramadan ini dapat menjadi angin segar bagi Anda, yang mungkin sedang Allah pilih memiliki banyak keterbatasan. Rasulullah Shallallahu A’laihi Wasallam menyampaikan, bahwa keutamaan ibadah Umrah saat bulan Ramadhan adalah mendapat pahala sama seperti pahala Haji. 

Rasulullah Shallallahu A’laihi Wasallam bersabda:

Jika Ramadhan tiba, Berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari).

Luar biasa ya aturan hukum milik Allah Yang Maha Welas Asih dan Maha Adil, karena saat ini Anda memiliki solusi untuk tetap bisa menunaikan rukun Islam kelima.

Kami merekomendasikan Anda  penawaran terbaik dari program  Umrah & Haji Bersama Granada Tour yang amanah dalam membantu Anda menunaikan rukun Islam yang kelima.

Demikian uraian 5 keutamaan umrah beserta dalilnya khusus untuk Anda ketahui. Untuk bertanya seputar paket umrah bisa langsung chat WhatsApp disini. Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu untuk Anda sekalian.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya