Niat Ihram Umrah dan Persiapannya yang Harus Anda Ketahui

niat ihram umrah

Sebagaimana dengan pelaksanaan ibadah lainnya, dalam melaksanakan ibadah umrah juga Anda perlu memulainya dengan membaca niat ihram umrah.

Seperti yang kita ketahui bahwa ibadah umrah merupakan ibadah yang dilaksanakan di tanah suci. Sebagian orang menyebut ibadah ini sebagai “haji kecil” karena prosesi dan tata pelaksanaannya hampir sama dengan ibadah haji, hanya saja berbeda pada waktu pelaksanaannya.

Meskipun disebut sebagai haji kecil, namun bacaan niat ibadah umrah berbeda dengan niat haji. Berikut bacaan niat dan beberapa doa yang perlu Anda amalkan pada saat melaksanakan ibadah umrah.

Niat Umrah dan Do’a-do’a yang Harus Anda Amalkan

niat ihram umrah

Dalam melaksanakan ibadah umrah Anda harus memantapkan hati dengan mengucapkan dan membaca niat umrah, dan juga melafalkan beberapa do’a umrah mabrur pada saat berada di tanah suci.

  1. Niat Umroh dan Artinya

Pelaksanaan Umrah bisa Anda mulai dengan membaca niat berikut ini:

nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika Allahumma ‘umratan”.

Artinya: “Aku niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah SWT. Aku sambut panggilanmu ya Allah untuk berumrah”

Niat ihram umrah wanita maupun laki-laki membaca niat yang sama. Jadi tidak ada yang membedakan antara keduanya.

  1. Do’a Masuk Masjidil Haram

Bismillahi was shalatu was salamu ‘ala Rasulillahi allahummaghfirli dzunubi waftah li abwaba rahmatik a’dzu billahil ‘azhim wa bi wajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, serta shalawat beserta salam bagi Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu. Aku berlindung kepada Allah yang maha agung, dan dengan wajah-Nya yang mulia. Serta dengan kekuasaan-Nya yang qodim (tidak berawal) dari setan yang dirajam.”

  1. Do’a Tawaf saat Menyentuh Hajar Aswad

Pada saat melakukan tawaf dan menyentuh Hajar Aswad, Anda juga dianjurkan untuk mengamalkan do’a berikut ini:

Bismillah wallahu akbar, allahumma imanan bika wa tashdiqan bi kitabika wa wafaan bi ‘ahdika wat tiba’an li sunnati nabiyyika muhammadin shallahu ‘alaihi wa sallam

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, dan Allah Maha Besar, Ya Allah, dengan beriman kepada-Mu, membenarkan Kitab-Mu (Al-Qur’an), setia kepada janji-Mu dan dengan mengikuti Sunah Nabi-Mu (aku bertawaf di sekeliling Ka’bah ini).”

Pada saat tawaf Anda juga dianjurkan untuk membaca talbiyah umrah, yaitu

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka Labbaik. Innal hamda wan ni;mata laka wala mulk laa syarika lak.

  1. Do’a Sai Saat Umrah

Setelah melaksanakan tawaf, Anda bisa melanjutkan prosesi ibadah dengan melaksanakan sa’i. Yaitu berjalan bolak-balik antara Bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali.

Adapun untuk bacaan do’a ketika sai adalah:

Ibda’bima bada’allah”

Artinya: “Mulailah dengan apa yang dimulai oleh Allah

Itulah bacaan niat umrah dan beberapa do’a saat melaksanakan ibadah umrah yang perlu Anda amalkan. Selain mengetahui bacaan niat dan do’a, dalam melaksanakan ibadah umrah juga Anda harus mempersiapkan beberapa hal penting lainnya.

Persiapan Umrah

niat ihram umrah

Bagi Anda yang berencana untuk melaksanakan ibadah umrah, wajib mengetahui informasi ini. Karena ada banyak hal penting yang perlu Anda persiapkan ketika memutuskan untuk pergi umrah.

Apa saja persiapannya? Berikut penjelasannya:

  1. Pelajari Tata Cara Umrah yang Benar

Agar ibadah umrah Anda mabrur, maka Anda harus mempersiapkan dengan matang segala hal yang berkaitan dengan tata cara ibadah umrah. Bisa dengan membaca buku panduan ibadah haji, bertanya pada keluarga yang berpengalaman, atau bertanya pada agen travel penyelenggara umrah.

  1. Siapkan Pakaian dan Semua Keperluan

Bawalah pakaian secukupnya, dan pastikan Anda juga membawa alat komunikasi, agar tidak kesulitan memberikan atau mendapatkan kabar.

  1. Pilih Travel Agen Umrah Terpercaya

Selanjutnya, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan dan memilih travel agen umrah yang amanah dan berkualitas. Karena nantinya pihak travel agen ini yang akan mengatur dan mengurus akomodasi perjalanan Anda dari mulai transport hingga penginapan selama di tanah suci.

Sebagai travel agen yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun, kami bisa menjadi pilihan travel agen umroh terbaik.

Anda bisa konsultasi langsung secara gratis  melalui WhatsApp untuk merencanakan perjalanan yang tepat. Anda juga akan mendapat panduan niat ihram umrah, sehingga perjalanan umrah Anda akan lebih khusyuk. Granada Tour juga memiliki berbagai pilihan paket umrah yang bisa Anda cek di sini.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya