Bacaan Niat Umrah Lengkap dengan Artinya

Umrah merupakan serangkaian ibadah yang dilakukan di Makkah. Sedangkan, menurut segi bahasa, umrah merupakan ziarah ke Baitullah dengan melakukan beberapa ritual seperti thawaf, sa’i, dan tahallul. Anda harus mengawali ibadah ini dengan niat. Oleh karena itu, sebelum menunaikan ibadah ini, Anda harus mengetahui niat umrah yang benar.

Sebutan lain dari umrah adalah haji kecil. Hal ini karena prosesi ibadah ini mirip dengan haji. Namun, yang menjadi pembeda antara haji dan umrah adalah waktu pelaksanaanya. Anda hanya bisa beribadah haji di bulan Dzulhijah. Sementara itu Anda bisa melaksanakan umrah kapan saja kecuali tanggal 9 hingga 13 Dzulhijah.

Niat Sebagai Rukun Umrah

niat umrah

Anda harus melafalkan bacaan niat umrah sebelum melakukan ibadah umrah. Dalam hal ini disebut ihram. Ihram merupakan salah satu rukun umrah. Oleh karena itu, niat menentukan keabsahan. Jika Anda tidak berniat, bisa saja ibadah umrah Anda menjadi tidak sah.

Pengertian ihram adalah niat sebelum melaksanakan ibadah. Dengan berniat maka Anda dapat mengharamkan diri dari melakukan sesuatu yang haram selama ibadah ini. Setelah melafalkan niat umrah untuk diri sendiri, artinya Anda telah siap mengerjakan umrah.

Kapan Melakukan Niat?

Agar ibadah umrah Anda sah, Anda harus mengerti tata cara ibadah umrah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melaksanakan persiapan di Masjid Dzulhulaifah atau Bir A’li. Persiapan ini terdiri dari mandi, memakai pakaian ihram, dan wudhu. Selain itu, Anda juga sebaiknya melaksanakan sholat sunnah ihram sebanyak 2 rakaat.

Niat umrah dilakukan ketika di titik Miqat. Anda dapat melafalkan niat saat mengenakan pakaian ihram di lokasi yang telah ditentukan. Selain itu, Anda juga bisa berniat setelah selesai mengerjakan sholat sunnah ihram. Anda juga masih bisa berniat saat berada di kendaraan menuju Makkah.

Setelah berniat, Anda tidak boleh melakukan segala sesuatu yang dapat membatalkan ibadah umrah. Adapun larangan ini meliputi memakai wewangian, memotong kuku atau rambut, membunuh binatang, bertengkar, mencabut rumput, bermaksiat, dan berhubungan intim.

Niat Umrah dan Artinya

niat umrah

Tujuan dari berniat adalah untuk memantapkan hati saat melaksanakan ibadah umrah. Karena niat merupakan salah satu rukun umrah, maka ibadah Anda menjadi tidak sah jika Anda meninggalkannya dengan sengaja.

Berikut adalah niat umrah Bahasa Arab dan artinya.

nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika Allahumma ‘umratan

Artinya: “Aku niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah SWT. Aku sambut panggilan-Mu Ya Allah untuk berumrah.”

Hukum Melafalkan Niat

Telah disebutkan diatas bahwa berniat merupakan salah satu rukun umrah. Jadi, jika Anda tidak berniat maka sudah pasti ibadah umrah Anda menjadi tidak sah. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah Anda harus melafalkan niat umrah Arab dengan lisan? Bolehkah berniat dalam hati?

Terdapat perbedaan pendapat para ulama terkait hukum pelafalan niat untuk umrah dan haji. Menurut Mazhab Hanbali dan Syafi’i, hukum melafalkan niat adalah sunnah. Sedangkan menurut Mazhab Hanafi, hukum melafalkan niat adalah wajib.

Jadi, Anda boleh melafalkan niat melalui lisan ataupun dalam hati. Namun, melafalkan dengan lisan dapat berguna untuk memperkuat niat dalam hati Anda.

Hukum Bersuci Saat Niat

Hal yang sering ditanyakan oleh jamaah umrah adalah apakan seseorang harus dalam keadaan bersuci saat berniat untuk umrah? Sebenarnya tidak ada syarat untuk melafalkan niat dalam kondisi suci.

Akan tetapi, kondisi suci pada saat melafalkan niat merupakan salah satu keutamaan. Hal ini karena mandi dan sholat sunnah sebelum berniat merupakan salah satu sunnah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melafalkan niat dalam keadaan suci.

Tips Agar Umrah Lancar

niat umrah

Agar ibadah umrah Anda berjalan dengan lancar, Anda harus selektif dalam memilih travel umrah yang amanah. Pastikan travel tersebut memiliki track record yang baik. 

Selain itu, pilihlah agen yang menawarkan berbagai paket umrah. Sehingga Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan bujet Anda. Klik disini untuk mendapatkan informasi terkait travel umroh yang amanah.

Setelah mengetahui niat umrah yang benar, kini Anda telah siap untuk melaksanakan ibadah ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Dan juga semoga Allah memudahkan niat Anda agar bisa berkunjung ke tanah suci dan melaksanakan ibadah umrah dengan lancar.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya