7 Rekomendasi Oleh-oleh Umrah Selain Kurma

Sepulang melaksanakan ibadah di Tanah Suci, pasti Anda ingin memberikan oleh oleh umrah untuk tetangga, keluarga, dan teman. Memberikan buah tangan untuk orang terdekat dapat mendatangkan kegembiraan. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi ungkapan rasa syukur Anda.

Salah satu jenis barang yang selalu menjadi andalan adalah kurma. Namun sebenarnya masih banyak jenis buah tangan lain yang bisa Anda beli. Jika Anda masih bingung tentang apa saja oleh oleh umroh, simak rekomendasi buah tangan khas umrah berikut ini.

  1. Minyak Wangi

Jika Anda mencari oleh oleh umroh untuk laki laki, minyak wangi Arab bisa menjadi pilihan yang tepat. Di Arab, Anda bisa menemukan dengan mudah penjual parfum berkualitas. Misalnya, Anda dapat membelinya di Abdul Samad Alqurashi.

Wewangian dengan aroma khas Arab pasti menjadi salah satu buah tangan umrah yang dinantikan keluarga anda. Ada beberapa aroma yang menjadi favorit para pria. Diantaranya adalah aroma misik, kasturi, dan rempah.

  1. Kosmetik Arab
Oleh oleh umrah

Kosmetik bisa menjadi pilihan oleh oleh umroh untuk wanita. Ada banyak jenis kosmetik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Misalnya, Anda bisa membeli lipstik, celak mata, kutek, dan henna. Kosmetik Arab ini berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan banyak ruang.

Selain itu, harga kosmetik ini juga sangat terjangkau. Untuk mendapatkan kosmetik ini, Anda bisa berkunjung ke Pasar Al Balad. Biasanya, agen travel umroh Anda akan memberikan kesempatan untuk berbelanja oleh-oleh disini sebelum bertolak ke tanah air.

  1. Gamis atau Abaya
Oleh oleh umrah

Mayoritas jamaah umrah pasti akan membawa kurma sebagai buah tangan. Namun, jika Anda ingin memberikan oleh oleh umroh anti mainstream, Anda bisa membeli gamis atau abaya. Anda dapat menemukan banyak pedagang abaya mulai dari kaki lima hingga pertokoan.

Selain abaya, anda juga bisa membeli pashmina atau jilbab. Selain itu, tidak ada salahnya membeli busana khas Arab untuk laki-laki yaitu thobe dan ghutra atau penutup kepala.

  1. Kacang-Kacangan
Oleh oleh umrah

Untuk oleh-oleh berupa makanan, Anda bisa membeli berbagai macam kacang-kacangan. Misalnya, Anda bisa membeli kacang almond, kacang Arab, dan juga pistachio. Anda dapat menemukan pedagang kacang ini di toko-toko sekitar Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

  1. Cokelat dan Kismis
Oleh oleh umrah

Cokelat bisa menjadi pilihan untuk oleh oleh umroh kekinian. Cokelat arab sangatlah khas. Hal ini karena cokelat ini memiliki berbagai bentuk yang unik. Bahkan, Anda bisa menemukan cokelat berbentuk kerikil warna warni.

Selain cokelat, kismis juga bisa menjadi buah tangan yang unik. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, kismis juga memiliki banyak manfaat. Buah anggur kering ini kaya antioksidan dan serat.

  1. Sajadah

Sajadah merupakan perlengkapan shalat yang bisa Anda jadikan kenang-kenangan untuk keluarga. Ada banyak pilihan sajadah yang bisa Anda beli. Misalnya Anda bisa memilih sajadah dengan bulu yang tebal dan empuk. Ada banyak pilihan ukuran, warna, dan motif yang bisa Anda pilih.

Harga sajadah di toko oleh-oleh haji dan umrah sangat bervariasi. Anda bisa mendapatkannya mulai dengan harga 10 hingga 100 Riyal. Biasanya sajadah-sajadah tersebut diimpor dari Turki dan Cina. 

Sajadah adalah salah satu buah tangan yang bermanfaat. Hal ini karena penerimanya pasti akan menggunakannya untuk shalat. Tentu, Anda bisa mendapatkan berkahnya.

  1. Souvenir dan Mainan

Jika Anda mencari buah tangan yang tidak menyita banyak tempat di koper Anda, souvenir kecil seperti tasbih atau gantungan kunci adalah pilihan yang bijak. Meskipun kecil barang tersebut bisa menjadi buah kenang-kenangan yang bermakna.

Souvenir tersebut bisa mengingatkan Anda pada rangkaian perjalanan spiritual di Tanah Suci. Selain itu, jika ingin memberikan souvenir untuk anak-anak, Anda bisa membeli mainan. Ada berbagai macam mainan yang bisa Anda pilih. Misalnya Anda bisa membeli boneka unta, kamera mainan, dan lain-lain.

Memberikan buah tangan sepulang dari ibadah umrah merupakan salah satu tradisi yang sayang jika ditinggalkan. Hal ini dapat mempererat silaturahmi terhadap kerabat dan tetangga. Selain itu, keluarga dan teman pasti akan merasa bahagia saat menerima buah tangan tersebut.

Itulah beberapa oleh oleh umrah yang bisa Anda pilih. Ibadah umrah adalah ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Agar bisa menjalankan ibadah tersebut dengan lancar, pastikan Anda memilih travel umrah terpercaya. Klik disini untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai umrah.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya