Catat Perlengkapan Umrah Wanita yang Wajib Dibawa

Perlengkapan umrah wanita

Setiap calon jemaah umrah sebaiknya menyiapkan diri dari jauh-jauh hari sebelum berangkat ke tanah suci. Khususnya wanita karena setiap bulan umumnya mengalami menstruasi. Perlengkapan umrah wanita yang dibutuhkan tentu sangat beragam.

Persiapan umroh pertama kali tidak hanya keperluan ibadah saja namun juga kebutuhan pribadi. Adapun keperluannya umumnya sebagai berikut :

  • Pakaian Ihram

Baju ihram wanita terbuat dari pakaian berwarna putih yang terdiri atas kain bagian atas disebut dengan rida serta bagian bawah yakni izar. Pakaian wanita harus menutup aurat yakni menjulur sampai ke dada serta kaos kaki sehingga bagian bawah tertutup dengan baik.

Pakaian ihram tidak menutupi telapak tangan dan mukanya. Sediakan 2-3 pasang pakaian ihram sebagai pakaian ibadah cadangan sehingga apabila terjadi kondisi tertentu tidak bingung mencari pengganti. Misalnya saja ketika pakaian ihram terkena najis.

  • Mukena dan Alat Sholat
Perlengkapan umrah wanita

Dalam beribadah ke tanah suci tentu perlu membawa mukena dan alat sholat. Jangan hanya siapkan satu mukena saja namun juga beberapa alat sholat. Untuk alat sholat bisa berupa buku doa, Al-Qur’an serta sajadah kecil. Anda juga bisa menggunakan Al-Qur’an digital yang diunduh via ponsel.

  • Baju Sehari-hari

Pakaian sehari-hari juga perlu Anda bawa untuk kegiatan di luar ibadah atau saat berada di hotel. Pakaian ini bisa terdiri atas pakaian bepergian yang nyaman dan syar’i. Siapkan pula pakaian tidur beberapa sekitar 2-3 baju sehingga ketika sholat saat malam atau subuh tak repot mengganti pakaian.

Anda juga perlu menyediakan pakaian dalam sesuai kebutuhan selama di tanah suci. Minimal cukup untuk tiga hari agar ada jarak waktu untuk mencuci pakaian dalam tersebut.

  • Alas Kaki
Perlengkapan umrah wanita

Gunakan alas kaki yang nyaman karena dalam tata cara umroh ada rukun umrah berupa Sa’i. Sa’i adalah berjalan dari Bukit Shafa ke Marwah dengan jarak 400 meter namun perjalanan Sa’i ditempuh dengan jarak sekitar 3 km.

Siapkan kaos kaki sebanyak 2-3 pasang untuk keseharian. Selain itu siapkan sepatu dan sandal agar nyaman berjalan kaki menyusuri tempat satu dengan lainnya.

  • Pembalut

Bagi wanita ketika beribadah pasti pernah khawatir akan mengalami datang bulan. Anda perlu mempersiapkan diri dengan menyediakan pembalut atau pentyliner guna mengantisipasi hal tersebut.

  • Alat Mandi dan Kosmetik

Tidak lupa siapkan pula alat mandi dan kosmetik yang Anda butuhkan. Seperangkat alat mandi ini terdiri atas shampo, pasta gigi, sabun dan sikat gigi. Untuk handuk biasanya pihak hotel sudah menyediakannya sehingga Anda tak perlu membawanya.

Tidak lupa bawa kosmetik maupun skincare untuk menjaga kulit dari suhu ekstrim. Apalagi cuaca di Arab Saudi lebih panas dari Indonesia sehingga perlu perlindungan kulit maksimal. 

Anda bisa membawa handbody untuk menghidrasi kulit, sunscreen dan sunblock yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kosmetik lainnya yang bisa Anda bawa berupa lipbalm, bedak, masker dan lainnya.

  • Obat-obatan
Perlengkapan umrah wanita

Jangan lupa mempersiapkan obat-obatan pribadi khususnya yang memiliki riwayat penyakit yang harus konsumsi obat-obatan tersebut. Selama beribadah Anda juga harus menjaga kesehatan agar bisa beribadah dengan khusyuk.

Iklimnya yang berbeda juga mampu menurunkan stamina tubuh. Sediakan vitamin yang bisa meningkatkan stamina. Anda bisa membawa obat diare, obat nyeri haid, batuk atau pilek dan lainnya.

Tidak lupa bawa kacamata guna perlindungan dari cahaya matahari. Apalagi saat Anda sedang ziarah kota mulai dari pagi hingga siang hari.

  • Sarung Tangan 

Untuk melindungi tangan sebaiknya siapkan sarung tangan. Anda bisa menggunakannya untuk melindungi tangan dari sinar matahari. Selain itu juga menghangatkan tangan ketika udara pagi menyerang. 

Tidak lupa membawa jaket untuk menjaga tubuh tetap hangat ketika suhu dingin. Bawa tas kecil untuk menyimpan perlengkapan kecil di atas sehingga tidak repot ketika membawa banyak barang. 

Perlengkapan umrah wanita di atas sebaiknya Anda siapkan dari jauh hari. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri umrah dengan Granada Tour. Anda bisa menghubungi nomor Whatsapp Granada Tour untuk konsultasi lebih lanjut. Kelebihannya adalah menyediakan perlengkapan ibadah gratis kepada calon jamaahnya.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya