Ketahui 5 Rukun Umrah Berikut Sebelum Menunaikan Ibadahnya

Rukun umrah

Dapat melaksanakan ibadah umrah tentu merupakan sebuah ibadah yang mulia. Sebelum Anda melaksanakan ibadah yang memiliki berbagai keutamaan ini, ada baiknya jika Anda mengetahui rukun umrah agar ibadah yang Anda lakukan semakin khusyu dan sah.

Salah satu mimpi besar seorang muslimin adalah berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah. Untuk mengetahui rukun umrah ada berapa, kami akan menjelaskan secara terperinci pada artikel di bawah ini. Mari kita mulai!

Apa itu Rukun Umrah?

Umrah adalah sebuah rangkaian ibadah yang dilaksanakan di tanah suci Mekkah, dengan mengikuti tuntunan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Ibadah ini sangat dianjurkan bagi mereka yang mampu melakukannya karena dapat menghapus segala dosa.

Menjalankan ibadah umrah, tentu harus mengikuti arahan dan tuntunan rukun umrah yang benar dari sumber yang kredibel agar ibadahnya diterima dan sah. Maka dari itu, ada rukun umrah yang harus kita ikuti dengan teratur.

Rukun umrah adalah 5 rangkaian ibadah yang dilakukan selama proses umrah berlangsung. Ibadah -ibadah ini harus Anda ikuti dengan cermat dan secara teratur agar bisa menyelesaikan umrah dengan benar.

Berikut ini adalah rukun-rukun umrah yang telah kami rangkum.

  • Niat atau Ihram

Sebelum melaksanakan ibadah yang mulia ini, rukun pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan niat untuk beribadah umrah pada perbatasan Miqat (titik awal memulai ibadah umrah atau haji). 

Lalu, para jemaah yang ingin melakukan umrah harus mengenakan Ihram (pakaian tanpa jahitan).

Biasanya, para petugas umrah akan memberikan informasi di pesawat ketika sudah memasuki miqat, jadi para jemaah dapat melafadzkan niat di dalam hati untuk melaksanakan ibadah umrah

  • Tawaf Umrah
Rukun umrah

Pada rukun umrah yang kedua ini, para jemaah yang melaksanakan ibadah umrah harus melakukan thawaf. Thawaf adalah ibadah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. 

Sangat dianjurkan untuk memanjatkan dzikir, dan doa selama melakukan proses ibadah ini. Jika mampu, cobalah untuk mendekat ke arah batu Hajar Aswad untuk menciumnya. Ini merupakan sunnah yang masyhur dan dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

  • Sa’i Umrah

Rukun umrah yang selanjutnya ialah melakukan sa’i umrah. Sa’i umrah adalah aktivitas ibadah yang mengharuskan para jemaah berlari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7 kali.

Ibadah ini merupakan bentuk pengingat pada kisah munculnya sumber mata air yang penuh keberkahan, mata air Zam-zam. Selama melaksanakan proses ibadah ini, para jemaah juga dapat memanjatkan doa sebanyak-banyaknya.

  • Halq atau Taqshir

Halq atau taqshir adalah aktivitas memotong seluruhnya atau sebagian rambut untuk melepaskan diri dari larangan Ihram, atau yang terkenal dengan nama lain yaitu Tahallul

Aktivitas halq yang dilakukan diluar Bukit Marwah ini sebagai penanda bahwa ibadah umrah yang Anda lakukan sudah selesai. Jika Anda telah bertahallul, maka Anda sudah tidak terikat dengan larangan-larangan orang yang berihram.

  • Berurutan

Rukun umrah yang telah kami sebutkan di atas merupakan rangkaian ibadah yang harus Anda lakukan dengan berurutan dan tertib. Melaksanakan ibadah umrah dengan santun, tidak tergesa-gesa dan khusyu akan memberikan nilai ibadah yang tentunya berbeda di hadapan Allah.

Karena itu, cobalah untuk mengikuti semua rangkaian ibadah umrah ini sesuai tuntunan yang shahih dan tidak ada yang terlewati.

Kesimpulan

Rukun umrah

Ibadah umrah merupakan sebuah rangkaian ibadah yang mulia di tanah suci, ibadah umrah memiliki 5 rukun yang harus para jemaah lakukan dengan tertib dan khusyu. Kelima rukun tersebut adalah, niat atau ihram, tawaf umrah, sa’i umrah, halq, dan melakukan semuanya dengan tertib dan berurutan.

Jika Anda ingin berkonsultasi seputar informasi umrah murah yang berkualitas dan ahli dalam bidangnya, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp di sini. Terdapat banyak paket umrah yang menarik dan dapat Anda pilih sesuai dengan berbagai kebutuhan Anda, mulai dari paket umrah ramadan hingga paket umrah plus India.

Itulah rukun umrah yang harus Anda ketahui sebelum melaksanakan ibadah umrah. Semoga dengan artikel ini, ibadah umrah yang Anda lakukan dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi semua orang.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya