8 Sunah Umrah Penyempurna Pahala Sesuai Ajaran Rasulullah

Sunah umrah

Ibadah umrah merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mendatangi Tanah Suci Mekkah namun memiliki keterbatasan finansial maupun fisik. Untuk menyempurnakan pahala, pastikan Anda sudah memahami sunah umrah terlebih dahulu.

Sebagai salah satu ibadah yang tidak bisa dilakukan setiap saat, Anda pasti berharap umrah berjalan dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami penjelasan berikut ini agar dapat mengetahui sunah apa saja yang bisa menyempurnakan pahala umrah Anda.

8 Amalan Sunah Saat Umrah

Sunah umrah

Semua umat Muslim perlu berusaha untuk mendapatkan pahala yang sempurna. Begitu juga ketika melakukan umrah, upayakan agar Anda bisa melaksanakannya sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan melakukan berbagai sunah sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Sebab dengan sunah tersebut, pahala ibadah umrah Anda akan semakin besar dan sempurna. Berikut ini adalah 8 amalan sunah umrah yang membuat pahala ibadah umrah semakin sempurna.

  1. Mandi Ihram

Islam merupakan agama yang menjunjung nilai kebersihan. Hal ini tercermin dari banyaknya amalan yang memerintahkan umat Muslim untuk memperhatikan kebersihan diri seperti wudhu dan mandi junub.

Begitu juga di dalam ibadah umrah, mandi sebelum melakukan ihram merupakan salah satu sunah yang bisa menambah pahala. Selain mandi, terdapat juga sunah untuk memotong kuku, menipiskan kumis, merapikan jenggot, mencabut bulu ketiak dan menyisir rambut.

  1. Menggunakan Minyak Wangi

Setelah mandi, disunahkan untuk menggunakan minyak wangi. Minyak wangi hanya boleh Anda kenakan ke badan. Jadi, jangan menggunakan minyak wangi ke pakaian. Untuk wanita, gunakan minyak wangi yang tidak semerbak.

Menggunakan minyak wangi hanya boleh Anda lakukan sebelum niat ihram. Setelah mengucapkan niat ihram, tidak diperbolehkan untuk menggunakan minyak wangi, baik di badan maupun pakaian.

  1. Menggunakan Kain Putih untuk Pakaian Ihram

Anda tidak boleh menggunakan pakaian biasa selama melaksanakan ibadah umrah. Untuk laki-laki, pakaian ihram berupa dua lembar kain yang dijadikan sebagai selendang dan sarung. Sementara wanita menggunakan pakaian sesuai ketentuan syariat.

Sunah saat umrah terkait dengan pakaian ihram adalah menggunakan kain berwarna putih. Namun tenang saja karena biasanya pakaian ihram yang sesuai sunah tersebut sudah disediakan oleh agensi umrah Anda.

  1. Mengucapkan Talbiyah

Talbiyah adalah seruan yang diucapkan oleh jemaah umrah. Adapun bunyi talbiyah adalah:

“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak”.

Jumhur ulama menyatakan bahwa mengucapkan talbiyah merupakan sunnah muakad. Oleh karena itu, mengucapkan talbiyah merupakan salah satu anjuran saat umrah yang baik untuk Anda lakukan.

Untuk laki-laki sebaiknya mengucapkan talbiyah secara keras. Namun, untuk perempuan cukup mengucapkannya secara pelan saja.

  1. Melakukan Al-Idhthiba’

Salah satu sunah ketika melakukan thawaf adalah melakukan Al-Idhthiba’. Namun, sunah ini hanya berlaku bagi jemaah laki-laki saja. Sebab, Al-Idhthiba adalah melilitkan kain ihram ke pundak sebelah kiri. Dengan begitu, bagian pundak kanan hingga bawah ketiak dibiarkan terbuka.

  1. Mencium Hajar Aswad

Amalan sunah saat umrah selanjutnya adalah mencium hajar aswad. Hajar aswad merupakan batu yang berada di bagian Ka’bah. Mencium hajar aswad merupakan salah satu sunah yang banyak umat Islam impikan. Karena itu, banyak jemaah umrah yang mencoba melaksanakan sunah ini.

Jika Anda tidak mungkin mencium hajar aswad, maka cukup menyentuhnya saja. Namun jika untuk menyentuhnya juga tidak memungkinkan, Anda bisa memberikan lambaian tangan sebagai isyarat setiap satu putaran thawaf.

  1. Menyentuh Ruknul Yamani

Ruknul Yamani adalah sudut dari Ka’bah yang menghadap Yaman. Menyentuh sudut ini merupakan salah satu sunah yang telah Rasulullah contohkan.

  1. Memperbanyak Zikir & Doa

Momen saat melakukan umrah merupakan momen yang sangat baik untuk berzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, perbanyak zikir dan doa untuk menambah pahala Anda.

Penutup

Sunah umrah

Kegiatan di atas memang bersifat sunah. Artinya ibadah umrah tidak akan batal dan Anda tidak perlu membayar dam (denda) jika tidak melakukannya. Meski begitu, sunahsunah umrah merupakan anjuran yang sebaiknya Anda lakukan ketika memiliki kesempatan mengunjungi tanah suci.

Untuk mendapatkan perjalanan umrah terbaik sehingga ibadah lebih khusu’ dan sempurna, sebaiknya pilih paket umrah terbaik dari agen umrah profesional.

Silakan hubungi kami melalui WA jika Anda ingin mendapatkan pilihan paket umrah terbaik. Dengan memilih layanan perjalanan umrah profesional, Anda akan lebih tenang dalam menjalankan ibadah dan sunah umrah selama berada di tanah suci.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya