Dokumen & Syarat Umrah Yang Harus Anda Penuhi

Syarat umrah

Untuk menjalankan ibadah umrah calon jemaah perlu memenuhi syarat wajib umrah menurut Islam. Syarat umrah juga melingkupi dokumen pribadi tertentu agar bisa bermigrasi ke tanah suci.

Selain memahami syarat sahnya, pahami pula tata cara umroh dan rukun umroh yang perlu penuhi selama beribadah. Adapun informasi di atas bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini:

Syarat Wajib Umrah

Syarat umrah

Selain memahami sunnah umroh, Anda juga perlu memahami syarat wajibnya secara Islami. Berikut syarat yang perlu calon jemaah penuhi sesuai anjuran agama Islam yakni:

  1. Beragama Islam

Persyaratan paling utama ialah calon jemaah harus beragama Islam. Umrah adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Jika dijalankan oleh umat agama lain maka ibadah umrohnya dianggap tidak sah.

  1. Baligh

Calon jemaah telah masuk masa baligh dengan tanda kedewasaan secara fisik. Ibadah umrah pada masa kanak-kanak tidak akan menggantikan ibadah umrah ketika dewasa nanti.

  1. Berakal Sehat

Syarat selanjutnya adalah tidak gila atau berakal sehat. Calon jemaah harus memiliki kesadaran diri, sakit atau menderita gangguan kejiwaan yang mengganggu akal fikirannya selama beribadah.

  1. Merdeka

Syarat umrah selanjutnya adalah melaksanakan ibadah secara merdeka. Ini berlaku bagi budak atau hamba abdi yang memiliki kewajiban mengurus keperluan tuannya. Apabila tidak memiliki izin melaksanakan umrah maka tidak wajib untuk melaksanakannya. 

Jika diizinkan maka mereka tetap mendapatkan pahala atas ibadah yang dijalani. Pasalnya dalam menjalani ibadah ini memerlukan waktu dan proses yang panjang.

  1. Mampu

Calon jemaah juga memiliki kemampuan dalam mengerjakan ibadah. Tidak hanya mampu secara finansial namun juga dari segi fisik serta waktu yang disisihkan sampai mendapatkan izin untuk menjalankannya.

Hal ini juga tertuang dalam firman Allah SWT di surat Ali Imran ayat 97

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ

“Di dalamnya terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) Maqam Ibrahim. Siapa yang memasukinya (Baitullah), maka amanlah dia. (Di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Siapa yang mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu pun) dari seluruh alam”

Rukun Ibadah Umrah

Beberapa rukun umrah sendiri meliputi ihram dan berniat memulai umroh. Calon jemaah juga wajib melakukan tawaf yakni ritual mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. 

Setelah itu Sa’i yakni lari kecil secara bolak-balik sebanyak 7 kali dari Bukit Shafa ke Marwah. Calon jemaah juga perlu menjalankan tahallul yakni memotong rambut paling sedikit tiga helai untuk laki-laki dan ujung rambut bagi wanita.

Dokumen Persyaratan Umrah

Selain memenuhi persyaratan umrah secara Islami juga perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk keberangkatan ke tanah suci. Beberapa persyaratan umumnya meliputi:

  • Paspor
  • Visa umrah
  • Sertifikat vaksin
  • Fotokopi KTP, buku nikah dan KK
  • Kartu kuning meningitis yang berlaku
  • Pas foto 4×6 dengan latar foto berwarna putih, fokus wajah 80% sebanyak 4 lembar
  • Surat rekomendasi dari kepala kantor Kemenag setempat

Hukum dan Waktu Pelaksanaan Umrah

Syarat umrah

Berdasarkan Imam Hambali dan Imam Syafi’i untuk menunaikan ibadah umrah hukumnya wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu. Jika berdasarkan Imam Hanafi dan Imam Malik menyatakan ibadah umrah memiliki hukum sunnah muakkad atau sangat dianjurkan.

Bila berdasarkan hukum dan waktu pelaksanaannya maka umrah terbagi atas dua jenis yaitu:

  1. Umrah wajib yakni dilaksanakan dalam rangkaian ibadah haji serta pada batas waktu yaitu dalam bulan-bulan haji. Umrah wajib juga meliputi umrah nazar atau sebelumnya sudah dinazarkan.
  2. Umrah sunnah merupakan umrah yang pelaksanaannya sewaktu-waktu atau kapan saja di luar batas waktu haji.

Gunakan paket umrah dari Granada Tour yang memberikan pelayanan terbaik. Keunggulannya adalah menyediakan hotel bintang 4 dan 5 serta layanan konsultasi perencanaan perjalanan.

Anda akan mendapatkan informasi dokumen dan syarat umrah yang dibutuhkan. Hubungi nomor Whatsapp Granada Tour untuk mendapatkan promo menarik terkait umrah ini

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya