Tata Cara Umrah Lengkap Sesuai Sunnah Rasulullah

Setiap Muslim pasti memiliki mimpi untuk mendapatkan kesempatan beribadah ke Baitullah. Namun, serangkaian ibadah umrah ini membutuhkan persiapan yang matang. Salah satunya adalah mempersiapkan pemahaman tentang tata cara umrah sesuai tuntunan Rasulullah.

Sebelum berangkat ke tanah suci, biasanya calon jemaah umrah harus mengikuti manasik umrah. Meskipun bukan merupakan rukun umrah, kegiatan ini sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan mengikuti manasik, Anda akan dapat mengetahui tata cara umroh dan bacaannya yang benar.

Umrah merupakan ibadah yang terdiri dari beberapa rukun atau aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan baik dengan sengaja maupun tidak. Agar ibadah umrah Anda dapat berjalan lancar, tidak ada salahnya untuk mempelajari urutan tata cara umroh sesuai sunnah berikut ini.

Ihram dan Niat Umrah

tata cara umrah

Rukun pertama dalam ibadah umrah adalah ihram. Para jamaah harus mandi dan berwudhu. Setelah bersuci, jemaah harus mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki terdiri dari 2 lembar kain putih yang disebut Rida dan Izzar.

Sedangkan para jemaah perempuan mengenakan pakaian yang menutup aurat seperti mukena. Setelah itu, Anda bisa mengerjakan shalat sunnah ihram sebanyak 2 rakaat. Selesai shalat, Anda harus berniat umrah di tempat Miqat.

Setelah berpakaian ihram dan melafalkan niat, Anda tidak boleh melakukan segala hal yang terlarang. Misalnya, Anda tidak boleh memakai parfum, memotong kuku dan rambut, membunuh binatang, mengeluarkan kata kotor, dan memotong tanaman.

Thawaf atau Mengelilingi Ka’bah

Saat tiba di Makkah, Anda sebaiknya berwudhu dulu sebelum memasuki Masjidil Haram. Anda bisa masuk melewati pintu mana saja. Namun, jika Anda ingin mengikuti sunnah Rasulullah, sebaiknya Anda masuk lewat pintu Babus Salam.

Urutan tata cara umroh selanjutnya adalah thawaf. Sebelum memulai thawaf, Anda bisa mencium Hajar Aswad. Namun jika terlalu ramai dan tidak memungkinkan, Anda bisa mengusap atau melambaikan tangan ke Hajar Aswad.

Thawaf merupakan kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Jamaan pria sebaiknya lari kecil di putaran pertama sampai ketiga dan jalan biasa hingga putaran ketujuh. Sedangkan para wanita harus jalan biasa saat thawaf.

Melakukan Sa’i dari Bukit Safa ke Marwah

tata cara umrah

Sebelum melakukan Sa’i, para jemaah sebaiknya beristirahat sebentar dan meminum air zam-zam. Jangan lupa berdo’a sebelum minum air zam-zam. Setelah itu, Anda bisa melakukan rukun umrah yang ketiga yakni sa’i.

Sa’i merupakan prosesi yang membutuhkan stamina tinggi. Hal ini karena Anda harus berlari-lari kecil dari Safa ke Marwah bolak-balik sebanyak tujuh kali. Kegiatan sa’i merupakan bentuk penghargaan kepada Siti Hajar. Beliau berlari antara bukit Safa ke Marwah untuk mencarikan air anaknya yakni Nabi Ismail.

Tahallul atau Memotong Rambut

tata cara umrah

Setelah selesai mengerjakan sa’i, Anda bisa mengakhiri rangkaian ibadah umrah dengan mencukur rambut. Jemaah pria bisa memendekkan seluruh rambut mereka. Namun, mencukur rambut hingga gundul lebih baik.

Sedangkan para jemaah wanita bisa memotong rambut mereka dengan panjang satu ruas jari. Memotong rambut ini boleh dilakukan oleh siapa saja. Asalkan mereka telah selesai menjalankan semua rukun umrah.

Namun, yang penting adalah tidak memotong rambut lawan jenis. Sedangkan untuk jemaah wanita, tahallul sebaiknya dilakukan oleh mahramnya. Selain itu, bisa juga meminta bantuan jemaah perempuan lainnya yang telah mengerjakan rukun umrah.

Melakukan dengan Tertib

tata cara umrah

Setelah melakukan tahallul, selesai sudah urutan tata cara umroh yang benar. Anda harus melaksanakan rukun umrah tersebut secara tertib atau urut. Jika Anda meninggalkan salah satu rukun tersebut, maka ibadah umrah Anda bisa menjadi tidak sah. Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?

Agar ibadah Anda dapat berjalan dengan lancar, Anda harus memilih agen travel umrah yang kredibel. Pilihlah agen yang telah berpengalaman dan menawarkan berbagai paket umroh sesuai kebutuhan Anda. Klik disini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait pelaksanaan ibadah umrah.

Biro travel umrah yang terpercaya pasti akan dapat membimbing Anda saat manasik maupun pelaksanaan umrah di tanah suci. Dengan demikian, Anda akan dapat melaksanakan semua tata cara umrah dengan benar. Dan jangan lupa, Anda harus menyiapkan fisik dan mental sebelum berangkat menunaikan ibadah ini.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya