Umrah Berapa Hari dan Apa Saja yang Dilakukan Saat Umrah?

Umrah berapa hari

Bagi umat Muslim, berangkat ke Tanah Suci Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji merupakan sebuah kenikmatan yang luar biasa. Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai topik umrah berapa hari dan aktivitas apa saja yang dilakukan di dalamnya.

Ibadah yang banyak diimpikan oleh setiap Muslimin ini memang menyimpan banyak keutamaan. Mulai dari dosa dosa yang akan terhapus, pahala berlipat ganda ketika melaksanakan ibadah di Masjidil Haram, hingga Rasulullah menjanjikan kemiskinan akan terkikis bagi mereka yang melaksanakan ibadah umrah dan haji.

Mari kita mulai artikelnya!

Berapa Lama Umrah Berlangsung?

Ibadah umrah merupakan serangkaian ibadah yang dilakukan di Tanah Suci Makkah, rangkaian ibadah ini harus dilakukan dengan tertib dan khusyu agar ibadah yang dilakukan para jemaah mendapatkan manfaat dan diterima oleh Allah.

Ibadah umrah sendiri sebenarnya tidak memakan waktu yang lama. Proses aktivitas ibadah yang para jemaah lakukan hanyalah melaksanakan Ihram di miqat (perbatasan memulai niat ibadah umrah), tawaf umrah, sai umrah, dan tahallul.

Namun, perjalanan panjang dari tanah air menuju Arab Saudi memakan waktu yang cukup lama. Untuk maskapai yang paling cepat menawarkan perjalanan dari Jakarta ke Arab Saudi ialah selama 9 jam 45 menit. Sedangkan yang paling lama dapat mencapai 13 jam karena transit terlebih dahulu di beberapa tempat.

Karena itulah, biasanya paket umrah yang ditawarkan oleh biro umrah memiliki durasi dan paket yang berbeda satu sama lain. Ada paket umrah 7 hari, umrah 9 hari, dan ada juga paket umrah Ramadan yang menawarkan ibadah umrah pada bulan yang suci.

Tentu saja, semua ibadah yang dilakukan pada saat Ramadan akan memiliki nilai pahala yang berkali-kali lipat lebih besar dari bulan yang lainnya. Jadi, untuk menjawab pertanyaan umrah itu berapa hari? Maka jawabannya adalah tergantung pada paket umrah yang Anda ikuti pada biro umrah pilihan Anda.

Apa Saja yang Dilakukan Saat Umrah?

Umrah berapa hari

Pada saat melaksanakan ibadah umrah, kita harus mengikuti rukun-rukun yang ada agar ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah dan dosa-dosa dapat terampuni.

Adapun rukun-rukun umrah yang harus para jemaah laksanakan ada 5, yaitu:

  • Ihram – Memakai pakaian ihram dan berniat akan melaksanakan umrah di miqat (perbatasan tempat memulai niat ibadah umrah).
  • Tawaf – Mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali dengan mengikuti sunnah pendukung lainnya seperti mencium hajar aswad dan memperbanyak dzikir.
  • Sa’i – Berlari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali.
  • Tahallul – Melepaskan diri dari larangan Ihram dengan mencukur seluruhnya atau sebagian rambut setelah Sa’i.
  • Tertib – Melaksanakan keempat ibadah di atas secara tertib dan teratur.

Setelah Anda melaksanakan umrah dengan serangkaian ibadah di atas, maka Anda dapat melanjutkan aktivitas Anda yang lain, seperti mengunjungi tempat-tempat bersejarah, menjelajah Masjidil Haram yang megah, mengunjungi makam Rasulullah dan para sahabatnya untuk berziarah, dan banyak lagi yang lainnya.

Anda juga dapat memilih paket umrah yang sudah termasuk dengan jalan-jalan ke negara lain, Seperti paket umrah dari Granada Tour yang menawarkan paket umrah plus ke India.

Tidak hanya mengunjungi Arab saja, namun Anda juga dapat sekalian berkunjung ke negara India untuk belajar banyak hal yang baru. Hubungi WhatsApp kami di sini untuk info yang lebih lengkapnya.

Kesimpulan

Umrah berapa hari

Ibadah umrah merupakan ibadah mulia yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Seperti dosa-dosa yang akan terampuni, mengikis kemiskinan, juga pahala yang berlipat ganda.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan pada saat umrah. Setelah melaksanakan rukun umrah yaitu Ihram, tawaf, sa’i, tahallul dengan tertib, Anda dapat menjelajah kota Mekah atau bahkan negara lain. Semuanya tergantung dengan paket apa yang Anda pilih pada biro umrah yang Anda ikuti.

Umrah berapa hari itu kembali lagi kepada rangkaian perjalanan tambahan dari biro umrah yang Anda pilih. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar umrah dan paket-paketnya, Anda dapat menghubungi GranadaTour.id untuk mendapatkan penawaran yang terjangkau dengan kualitas yang terbaik.

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya