Waktu Pelaksanaan Umrah adalah? Rekomendasi Terbaik untuk Anda!

waktu pelaksanaan umrah adalah

Haji dan umrah merupakan dua jenis ibadah yang pelaksanaannya sama-sama dilakukan di Baitullah. Namun, keduanya tentu memiliki perbedaan yang sangat kentara. Perbedaan paling nampak bisa diketahui dari waktu pelaksanaannya. Nah, waktu pelaksanaan umrah adalah hal yang akan dibahas bersama-sama kali ini.

waktu pelaksanaan umrah adalah

Perbedaan Haji dan Umrah

Perbedaan haji dan umrah sebenarnya amat mudah untuk diketahui. Anda bisa langsung mengenali perbedaan keduanya dari segi hukum menjalankannya, waktu pelaksanaannya, rukun, hingga kewajiban yang meliputi keduanya.

Berikut ini kami rangkum untuk Anda perbedaan haji dan umrah yang harus diketahui! 

Haji menjadi penutup pada rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam dengan catatan khusus bagi mereka yang mampu. Haji merupakan serangkaian perjalanan ibadah ke Ka’bah di bulan Dzulhijjah dengan menunaikan amalan haji, mulai dari ihram, tawaf, sa’i, dan wukuf di Padang Arafah.

Sedangkan umrah adalah mengunjungi tempat suci, dengan melakukan rangkaian ibadah yang sama dengan haji yaitu ihram, tawaf, sa’i, dan tahallul. Umrah tanpa melaksanakan wukuf di Padang Arafah, yang mana waktunya bertepatan dengan haji atau di luar waktu haji.

Perbedaan berikutnya bisa ditengok dari hukum melaksanakannya. Haji yang menjadi rukun ke-5 dalam rukun Islam menjadikan ibadah ini wajib untuk dilaksanakan seluruh pemeluk Islam yang mampu mengerjakannya.

Hukum umrah adalah sunah. Perjalanan spiritual ini dijadikan sebagai penyempurna ibadah.  Namun, hingga kini masih ditemukan berbagai perbedaan pendapat ulama mengenai hukum umrah ini. Mazhab Hanafi dan Maliki sepakat menganggap ibadah ini sunah. Sedangkan bagi Mazhab Syafi’i dan Hanbali memutuskan hukum umrah ialah wajib.

Selanjutnya ialah perbedaan waktu pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Waktu pelaksanaan ibadah haji hanya berlangsung satu kali dalam satu tahun. Ibadah ini bisa dikerjakan di antara tanggal 1 Syawal hingga 13 Dzulhijjah.

Nah, lalu kapan waktu pelaksanaan umrah itu? Berikut ini pembahasannya.

waktu pelaksanaan umrah adalah

Kapan Waktu Pelaksanaan Umrah?

Umrah adalah salah satu ibadah yang kerap dinantikan keberangkatannya. Maka tak heran jika tanah Arab tidak akan pernah sepi oleh jemaah yang datang dari berbagai penjuru dunia. Umrah hampir mirip dengan haji, namun dengan durasi yang lebih pendek berkisar 9 sampai 14 hari saja.

Namun apakah Anda mengetahui bahwa waktu pelaksanaan haji dan umrah itu berbeda? Untuk mengetahui kapan waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan umrah, simak ulasan berikut hingga tuntas, ya!

  1. Waktu untuk Beribadah Umrah

Lain halnya dengan pelaksanaan ibadah haji yang dibatasi satu kali dalam satu tahun, ibadah umrah ini bisa Anda jalani kapan saja. Ya, benar sekali, Anda bisa berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah kapan pun di sepanjang tahun.

Tentu saja dengan tidak adanya batasan waktu lebih memudahkan para calon jemaah untuk menunaikan ibadah ini. Namun, tetap dengan catatan jika keberangkatan Anda dan berapa lama durasi ibadah umrah tergantung dari agen perjalanan yang dipilih dengan menyesuaikan paket yang diambil pula.

  1. Waktu yang Dianjurkan untuk Umrah

Berkat tidak adanya batasan waktu dalam melaksanakan ibadah umrah ini, menjadikan Anda bisa mengatur waktu dan persiapan lain dengan bebas. Sebagai bahan pertimbangan untuk Anda, waktu pelaksanaan umrah yang dianjurkan adalah bulan Maret hingga Mei.

Pasalnya pada waktu-waktu tersebut cuaca di Arab Saudi cukup bersahabat. Udara di sana menjadi cukup pas, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

Anda juga bisa coba atur waktu keberangkatan pasca lebaran haji terlaksana. Pada masa ini wilayah Tanah Suci sudah dibersihkan dan jemaah haji juga sudah kembali ke negara asal. Sehingga menjadikan area Tanah Suci tidak terlalu ramai dan fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik.

Jadi, meskipun tidak ada ketetapan waktu dalam beribadah umrah, kami sarankan agar Anda tetap mempertimbangkan waktu terbaik untuk menuju ke Baitullah agar perjalanan ibadah bisa maksimal dari berbagai aspek.

Nah itu tadi penjelasan terkait waktu pelaksanaan umrah. Perlu diingat jika yang tepat dalam waktu pelaksanaan umrah adalah menyesuaikan kondisi masing-masing dari Anda. Jika Anda kesulitan untuk menentukan waktu keberangkatan terbaik Anda bisa berkonsultasi langsung dengan Granada Tour. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya