Manasik Umrah, Manfaat dan Tata Caranya yang Perlu Diketahui

manasik umrah

Dalam menjalankan ibadah umrah tentunya perlu persiapan yang matang. Misalnya persiapan manasik umrah baik mental dan fisik sekaligus bacaan manasik umroh yang perlu Anda hafalkan.

Simulasi umrah penting untuk membimbing jamaah umrah agar memahami rukun umroh dan bagaimana praktek pelaksanaannya. Adapun definisi manasik umrah, manfaat dan bagaimana tata caranya bisa Anda simak sebagai berikut:

Definisi Manasik Umrah

manasik umrah

Manasik umrah sesuai sunnah merupakan pelaksanaan ibadah sesuai rukun dan tata caranya. Dalam manasik umrah akan ada pembimbing yang mengarahkan sekaligus membimbing calon jamaah umrah.

Nantinya calon jamaah akan melakukan simulasi umrah dengan menggunakan Ka’bah tiruan yang mirip dengan di tanah suci Mekkah. Calon jamaah juga mengenakan pakaian ihram sehingga benar-benar seperti sedang melakukan umrah.

Manasik merupakan simulasi umrah sekaligus pemberian informasi yang Anda perlukan selama di tanah suci nantinya. Misalnya saja larangan yang perlu Anda hindari, rukun dalam ibadah umrah dan lainnya.

Dalam manasik ada beberapa tahapan yang akan Anda ikuti yakni ihram hingga tawaf Sa’i. Kegiatan manasik ini digelar oleh pihak travel dimana Anda mendaftarkan diri sebagai jamaah.

Manfaat Manasik Umrah

manasik umrah

Manfaat dari simulasi umrah ada banyak sekali diantaranya bisa Anda simak sebagai berikut:

  • Mengetahui Tata Cara Umrah

Keuntungan mengikuti simulasi umrah adalah calon jemaah bisa memahami betul tata cara umrah dari awal hingga akhir proses. Anda bisa memahami hal-hal yang wajib dilakukan, rukun dan sunnah umrah. Dalam manasik calon jamaah akan mendapatkan doa-doa serta tata cara ibadah umrah.

  • Media Pemahaman Percakapan Bahasa Arab

Anda juga mendapatkan pengetahuan terkait sedikit percakapan bahasa Arab. Calon jamaah belajar sedikit bagaimana berbahasa Arab agar bisa berkomunikasi dengan jamaah lain atau petugas pengawas. Apalagi saat Anda berada dalam kondisi tersesat di tanah suci Mekkah.

  • Mendapatkan Solusi Saat Umrah

Manfaat manasik umrah adalah membekali calon jemaah dalam menghadapi berbagai kondisi termasuk saat ada bencana atau peristiwa tertentu saat menjalankan ibadah umrah. Misalnya saja bagaimana proses evakuasi diri bila ada kerusuhan, kebakaran maupun banjir.

  • Mendapatkan Pengetahuan Seputar Tanah Suci

Anda juga memperoleh informasi terkait kondisi di tanah suci. Misalnya saja kondisi suhu di Arab Saudi yang berbeda jauh dengan Indonesia. Dengan begitu dari jauh-jauh hari Anda bisa mempersiapkan diri terhadap perbedaan cuaca. 

Anda juga bisa menyiapkan obat-obatan atau kebutuhan yang diperlukan menghadapi kondisi alam di Arab Saudi.

  • Menjalin Silaturahmi dengan Calon Jemaah Lain

Manasik umrah merupakan salah satu media untuk mengenal calon jemaah lainnya. Nantinya hal ini akan membantu Anda selama menjalani ibadah umrah khususnya ketika menjalankan ibadah sendiri.

Tata Cara Manasik Umrah

manasik umrah

Dalam pelaksanaan tata cara manasik umrah terdapat beberapa latihan yang Anda ikuti yakni sebagai berikut:

  • Ihram

Hal pertama saat menjalankan manasik haji adalah dengan ihram. Adapun sunnah ihram yakni memotong rambut namun tidak sampai gundul untuk pria, memotong kumis dan jenggot hingga memotong kuku.

Selain itu berlanjut dengan mandi, wudhu dan mengenakan pakaian ihram. Pakaian ini dibuat secara khusus dengan kain berwarna putih.

  • Tawaf

Tawaf merupakan mengelilingi Ka’bah hingga 7 kali putaran mulai dari Hajar Aswad dan kembali lagi ke titik awalnya. Saat Tawah disunnahkan untuk membaca takbir kemudian shalat sunnah di belakang makam Nabi Ibrahim.

  • Sa’i

Rukun Sa’i merupakan minum air zam-zam sambil berdoa. Sa’i adalah berjalan cepat dari Bukit Shafa dan Marwah. Dalam menjalankannya Anda butuh kondisi tubuh yang bugar.

  • Tahallul

Tahallul adalah memangkas sebagian rambut atau seluruhnya oleh siapa saja. Bagi jemaah perempuan diutamakan tahalul dilakukan oleh mahramnya maupun sama-sama jemaah perempuan yang melakukan rukun umrah.

Dalam menjalankan ibadah umrah percayakan saja kepada Granada Tour. Setiap calon jemaah akan mendapatkan perlengkapan ibadah gratis dan akomodasi hotel bertaraf internasional.

Anda cukup klik link Whatsapp ini untuk konsultasi umrah maupun paket haji yang tersedia. Setiap manasik umrah juga dibimbing oleh tenaga ahli yang mampu memberikan penjelasan terkait umrah dengan bahasa yang mudah dimengerti dan detail

Bagikan artikel ini

Artikel lainnya